Siap-siap! Microsoft Segera Hapus Cortana dari Android dan iOS

Telset.id, Jakarta – Pengguna Android dan iOS sepertinya harus siap-siap mengucap selamat tinggal pada Cortana. Menurut laporan, Microsoft akan mematikan asisten digital tersebut di kedua platform pada 31 Januari 2020. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut akan diintegrasikan ke dalam Microsoft 365.

Terkait keputusannya ini, seperti dilaporkan Digitaltrends, Minggu (17/11/2019), Microsoft mengatakan bahwa konten yang dibuat di Cortana, seperti pengingat dan daftar, tidak akan lagi tersedia di aplikasi seluler dan di Microsoft Launcher untuk Android. Sebaliknya, pengguna akan menerima pembaruan untuk menghapus aplikasi.

{Baca juga: Ingin Cortana Lebih Manusiawi, Microsoft Akuisisi Startup Khusus AI}

Namun demikian, konten yang dibuat di Cortana masih dapat diakses melalui versi digital dari asisten digital. Pengingat, daftar, dan tugas di Cortana juga secara otomatis ditambahkan ke aplikasi Microsoft To Do, yang tersedia sebagai unduhan gratis untuk smartphone.

Aplikasi Cortana digunakan untuk pengaturan konfigurasi dan pembaruan firmware untuk perangkat seperti Surface Headphone, dan tidak jelas bagaimana fitur ini akan diakses setelah aplikasi dimatikan.

Awal tahun ini, Microsoft mulai mengerjakan aplikasi Cortana mandiri untuk PC Windows 10, membebaskannya dari sistem operasi sehingga pembaruan untuk asisten digital akan lebih cepat.

Ini dilakukan untuk memberinya ruang untuk tumbuh dan menjadi lebih kompetitif, mengingat ia telah tertinggal di belakang para pesaingnya. Sebut saja Alexa Amazon, Google Assistant dan Siri Apple.

Cortana juga dilaporkan akan menjalani perombakan besar untuk pembaruan Windows 10 20H1 pada awal 2020, menambahkan antarmuka pengguna berbasis obrolan baru di antara perubahan utama lainnya.

{Baca juga: Bayi Bernama Caroline Ini Hanya Merespon kalau Dipanggil “Alexa”}

Untuk diketahui, Cortana adalah aplikasi asisten pribadi cerdas yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows Phone 8.1 maupun Windows 10. Aplikasi ini hadir secara resmi untuk iOS dan Android pada 2015 silam.

Walaupun begitu, fitur aplikasi Cortana di Android dan iOS tidak selengkap di Windows 10 pasalnya aplikasi ini bukan bagian dari sistem operasi kedua platform tersebut. [IF/HBS]

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI