Arena Pacuan Kuda Pakai Olahan Kotoran Kuda untuk Listrik

Telset.id, Jakarta  – Badan berkuda dunia memuji skema ramah iklim yang diterapkan oleh panitia acara pacuan kuda Finlandia. Pacuan kuda Finlandia memenuhi semua kebutuhan listrik dari olahan kotoran kuda.

Inisiatif itu membuka jalan untuk mengatasi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dalam olahraga kuda. Delegasi dari Lausanne, Federasi Internasional Swiss untuk Olahraga Berkuda, pun mempelajarinya.

{Baca juga: Bikin Canggung, Pose Dinosaurus di Legoland Malaysia Viral}

Selama skitar empat hari, mereka mengunjungi Pameran Kuda Internasional Helsinki untuk belajar mengenai inovasi teknologi pupuk kandang ke energi yang dikembangkan oleh Fortum, perusahaan asal Finlandia.

Presiden Federasi Internasional Swiss untuk Olahraga Berkuda, Ingmar De Vos, mengataka bahwa sistem membuktikan bahwa ide untuk solusi energi alternatif dapat datang dari tempat yang paling tidak mungkin.

Menurut New York Post, dikutip Telset.id, Selasa (29/10/2019), lebih dari 150 megawatt jam energi diciptakan dari 100 ton kotoran yang dikumpulkan dari kuda-kuda yang bersaing selama acara di ibukota Finlandia.

Tenaga tersebut cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan listrik selama acara, termasuk penerangan, papan skor, dan stasiun pengisian daya baterai smartphone. De Vos menyebutnya sebagai proyek luar biasa.

{Baca juga: Bikin Merinding! Ilmuwan Berhasil Kloning Seekor Kera}

Anssi Paalanen, wakil presiden Fortum Horsepower, mengatakan bahwa skema pengumpulan kotoran kuda dimulai sebagai proyek startup internal lima tahun lalu. Sejak itu, inovasi tumbuh menjadi bisnis potensial. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI