Akhir Tahun Website Yahoo Groups Akan Dihapus, Kenapa?

Telset.id,Jakarta Yahoo akan menutup website dan menghapus semua konten di Yahoo Groups secara bertahap. Kebijakan ini amat disayangkan dan ada dugaan jika perusahaan kalah bersaing dengan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Kamis (17/10/2019), penghapusan konten di website  Yahoo Groups berlangsung dalam dua fase. Pertama pengguna sudah kehilangan kemampuan untuk memposting konten baru sejak 21 Oktober 2019 lalu. Kemudian Yahoo akan menutup dan menghapus semua materi yang diposting pengguna pada 14 Desember 2019 mendatang.

Nantinya, pengguna masih dapat terhubung ke grup mereka melalui email, tetapi situs tersebut secara efektif akan kosong. Semua grup akan dibuat pribadi dan memerlukan persetujuan administrator.

{Baca juga: Yahoo Punya Aplikasi Email Baru untuk Android dan iOS}

Tetapi Yahoo memberikan kesempatan bagi pengguna yang  tertarik untuk melestarikan riwayat mereka di Yahoo Groups. Pengguna dapat  mengunduh data tersebut baik langsung dari pos atau melalui Dasbor Privasi Yahoo.

Perlu diketahui bahwa Yahoo meluncurkan  Yahoo Groups pada tahun 2001 sebagai semacam hybrid forum dan milis. Kala itu Yahoo Groups langsung diminati pengguna dan menjadi rumah bagi komunitas untuk bertukar informasi.

Hingga saat ini Yahoo tidak menjelaskan mengenai alasan penutupan Yahoo Groups tersebut. Spekulasi pun mencuat. Salah satunya karena saat ini muncul media sosial seperti  Facebook dan Twitter dengan berbagai keunggulan fitur didalamnya.

Tidak ada banyak insentif untuk menggunakan komunitas Yahoo ketika grup Facebook dan Twitter seringkali lebih menawarkan berbagai keunggulan. Dihapuskan konten di Yahoo Groups menjadi  menjadi momen menyedihkan bagi sebagian orang.

{Baca juga: 30 April, Yahoo Tutup Beberapa Layanan}

Sama seperti penutupan GeoCities, Yahoo menghapus sepotong sejarah internet, khususnya bagi orang-orang yang dahulu gemar menggunakan Yahoo Groups. Sebelumnya pada tahun 2013 lalu Yahoo telah  menutup beberapa layanannya, yakni Yahoo Kids, Yahoo Deals, Yahoo Mail, Yahoo Messanger, Yahoo SMS Alerts, serta Yahoo Upcoming. [NM/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI