Awas! Ada Bug Zero Day di iTunes untuk Windows

Telset.id, Jakarta – Apabila Anda menggunakan aplikasi iTunes di PC Windows, sebaiknya Anda harus memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Pasalnya, berdasarkan temuan dari perusahaan keamanan Morphisec, terdapat bug zero day di iTunes untuk Windows.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Minggu (13/10/2019), apabila kerentanan zero day tersebut dieksploitasi oleh hacker, maka aplikasi bisa dapat dimanfaatkan untuk menginstal ransomware di komputer atau PC.

Bug itu sendiri ditemukan di jalur yang tidak dikutip di Bonjour, sebuah software yang digunakan Apple untuk melakukan update aplikasi. Biasanya, file yang dapat dieksekusi harus dilampirkan dalam tanda kutip sehingga mudah bagi sistem untuk menemukannya.

{Baca juga: iPhone SE Klasik 64GB Dijual Rp 1,5 Jutaan, Mau?}

Namun, ketika file tidak dikutip, terbuka kemungkinan untuk dieksploitasi. Informasi menyebut bahwa peretas dapat menambahkan file berbahaya ke jalur layanan dan mengelabui sistem keamanan. Serangan ini bahkan ada di aplikasi lain.

Ya, Apple tidak sendirian. Dalam satu dekade, ditemukan bahwa kerentanan serupa ada di berbagai aplikasi lain. Apple kabarnya telah memperbaiki kesalahan dan mengeluarkan pembaruan untuk mengatasi serta mengantisipasi serangan yang sama.

{Baca juga: Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android}

Kesimpulannya, kalau belum memperbarui iTunes, Anda harus segera melakukannya guna menghindari masalah. Asal tahu saja, ransomware dapat menjadi masalah karena punya kebiasaan mengenkripsi semua file di komputer pengguna.

Sialnya, hacker akan berhenti menyerang setelah pengguna membayar tebusan. Pada masa lalu, kita telah melihat bagaimana ransomware mampu melumpuhkan institusi seperti rumah sakit. Ransomware mengunci sistem file pasien rumah sakit. So, lebih berhati-hati ya! (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI