Rudiantara: Lewat Literasi Digital, Kita Perangi Hoaks

Telset.id, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengajak anak muda untuk menangkal konten hoaks, cyber bullying dan online radicalism. Caranya lewat gerakan literasi digital kepada masyarakat. 

Menkomominfo Rudiantara mengatakan bahwa penyebaran konten negatif marak di dunia maya. Untuk itu diperlukan adanya gerakan literasi digital.

{Baca juga: Siberkreasi Gelar Ajang “Kopdar” Terbesar Bagi Pelaku Medsos}

“Gerakan ini tidak cukup dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, terutama anak muda,” ucap Rudiantara di Pembukaan Siberkreasi Netizen Fair 2019 di The Kasablanka Jakarta, Sabtu (05/10/2019). 

Menteri Rudiantara menambahkan bahwa masyarakat perlu lebih banyak menciptakan konten positif. Misalnya dengan menjadi content creator yang profesional atau fokus menjadi youtuber dengan menciptakan konten yang positif.

“Melalui acara ini kita dorong netizen aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif. Menjadi youtuber itu enak, paling tidak gajinya lebih besar dari gaji Menteri,” candanya.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo pada Selasa (08/10/2019), pemerintah selalu berupaya memfasilitasi para anak muda untuk berkembang. Seperti lewat infrastruktur Palapa Ring di 514 kabupaten/kota dan Program 1000 startup digital, yang diharapkan bisa melahirkan unicorn baru di Indonesia.

“Saya berharap akan anak muda Indonesia mampu mengkuti jejak Nadiem, William dan Ferry dalam bisnis startup,” ujar Rudiantara.

Sebagai penutup Rudiantara berharap Gerakan Literasi Digital Siberkreasi dapat mendorong para netizen dapat menggunakan internet secara bijak dan bertanggung jawab. Serta mampu membuat masyarakat untuk memilah dan memilih konten yang baik dan terus Bersama pemerintah memerangi hoaks yang beredar di dunia maya dan media sosial.

{Baca juga: Rudiantara Jelaskan Tiga Lapis Tindakan Tangkal Konten Hoaks}

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua, korporasi, kementerian dan lembaga, LSM bahkan artis semua bergerak bersama meningkatkan literasi untuk Indonesia lebih baik,” tutup Rudiantara.

Netizen Fair Siberkreasi 2019 digelar pada Sabtu (05/10/2019), kemarin di The Kasablanka Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh banyak tokoh publik dan content creator yang memberikan inspirasi mengenai dunia digital tanah air. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI