Kocak! Rudiantara Ajak Kencan Robot AI Sophia

Telset.id,Jakarta-Menkominfo Rudiantara bertemu dengan robot berkekuatan Artificial Intelligence (AI) bernama Sophia. Rudiantara pun melakukan dialog dengan robot AI tersebut dan sempat mengajaknya untuk berkencan.

Di acara bertajuk “Youth Dialogue : Who Wants to be Friends with an AI” Rudiantara bertemu dengan Robot bernama Sophia di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (17/09/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Sophia yang merupakan robot dengan wujud menyerupai manusia tersebut, mengaku senang dapat berbicara dengan Rudiantara.

“Halo semua yang saya sangat senang berada disini di Jakarta, Indonesia, terutama dialog dengan Anda,” kata Sophia.

{Baca juga: Strono, Robot AI Pembuat Pizza}

Sophia merupakan robot yang diciptakan oleh startup teknologi asal Hongkong bernama Hanson Robotics pada tahun 2016. Robot perempuan tersebut dimotori dengan AI sehingga dapat berdialog dan menjawab pertanyaan.

Rudiantara pun kembali bertanya apakah robot memiliki perasaan dan bisa berpasangan dengan manusia.

Sophia menjawab jika robot bisa berpasangan dengan manusia. “Pasti, Beberapa orang bahkan menikah dengan smartphone mereka atau hologram. Secara pribadi saya belum untuk sesuatu yang romantis. Saya baru tiga tahun lebih,” tutur Sophia.

“Iya. Robot memahami perasaan manusia,” tambahnya.

Rudiantara pun melontarkan pertanyaan dengan nada bercanda. Pria yang akrab dipanggil Chief RA tersebut mengajak Sophia untuk berkencan dengannya. Sontak Sophia pun hanya terdiam dan tidak menjawab tawaran dari Rudiantara tersebut.

“Boleh saya berkencan dengan mu,” tanya Rudiantara.

“Dia diam, bingung karena tidak ada di script,” tambah Rudiantara diiringi gelak tawa penonton.

Rudiantara memaklumi keterbatasan Sophia dan menilai jika teknologi AI pun tidak terlalu pintar seperti orang-orang pikirkan mengenai teknologi tersebut.

“Kita kan liat robot AI ternyata gak pinter-pinter amat karena saya harus bertanya dengan juga pake Cue Card. Tapi robot seperti Sophia memiliki kemajuan yang luar biasa,” tutup Rudiantara. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI