Kominfo Sudah Buka 85% Blokir Internet di Jayapura

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai membuka 85% blokir Internet di sites atau titik jaringan Internet di Kabupaten dan Kota Jayapura secara bertahap. Hal ini dilakukan karena situasi disana mulai kondusif.

Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu layanan mulai dibuka sejak Jumat (13/09/2019) pukul 16.00 WIT. Walaupun sudah mulai dibuka, masih ada 15 sites/titik layanan data internet yang dibatasi Kominfo.

{Baca juga: Kominfo Mulai Buka Blokir Internet di Papua}

“Sementara kurang lebih 15% sites/titik di kedua wilayah tersebut yang masih terus dipantau dalam waktu satu atau dua hari ke depan,” ujar Ferdinandus setu lewat keterangan tertulis pada Jumat (13/09/2019).

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa dari 29 Kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua, sebanyak 27 kabupaten yang sudah dibuka kembali layanan data internet secara keseluruhan.

Untuk seluruh wilayah Papua Barat yang mencakup 13 kabupaten/kota, layanan data internet dari operator seluler sudah dibuka secara total pada Rabu (11/09/2019).

Ferdinandus juga menyampaikan jika sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua terus menunjukkan tren menurun sejak 31 Agustus 2019.

Puncak sebaran hoaks dan hasutan terkait isu Papua terjadi pada 30 Agustus 2019 dengan jumlah url mencapai 72,5 ribu url. Jumlah ini terus menurun, menjadi 42 ribu url di tanggal 31 Agustus 2019, 19 ribu url di tanggal 1 September 2019, lalu menurun menjadi 6.060 url hoaks dan hasutan di tanggal 6 September 2019.

{Baca juga: Kominfo Buka Seluruh Layanan Internet di Papua Barat}

“Pemerintah kembali mengimbau kita semua untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar proses pemulihan kembali secara total seluruh wilayah Papua dan Papua Barat cepat berlangsung,” tutup Ferdinandus. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI