Tiru Video DIY Masak Popcorn, Bocah di China Tewas Mengenaskan

Telset.id, Jakarta – Video DIY sedang marak dilakukan para netizen. Tapi jika tak hati-hati, aktifitas ini bisa berakibat fatal. Seperti yang menimpa seorang bocah di China yang tewas setelah meniru video DIY.

Video DIY atau do it yourself adalah bentuk kreatifitas ala anak-anak milenial. Ada banyak video DIY di Internet yang dibuat untuk mengajari bagaimana melakukan sesuatu dengan cara yang lebih mudah.

Video DIY memang sedang banyak digemari para netizen. Mulai dari video DIY makeup, membuat kerajinan, memasak, dan beragam video DIY lainnya.

Seorang YouTuber dari Tiongkok yang mengelola Ms Yeah Official Channel adalah salah satu dari pembuat video DIY.

{Baca juga: Ikuti Tips YouTube, Wanita Ini Jadi Korban ‘Telur Meledak’}

Ia memiliki banyak pengikut berkat membuat video tentang memasak makanan di kantor dengan menggunakan barang-barang acak yang mereka temukan di sekitarnya.

Namun, pada 22 Agustus tahun ini, seorang pengikutnya tewas akibat cedera serius karena mengikuti salah satu video DIY-nya.

Video yang dicontoh ini menampilkan cara membuat popcorn buatan sendiri di kantor menggunakan barang-barang seperti kaleng soda, kompor berbahan bakar alkohol, dan mangkok yang diambil dari dispenser air.

Video ini juga menunjukkan sang YouTuber menuangkan gula dan mentega ke kaleng sebelum menyalakan api. Salah satu penontonya, Zhe Zhe (14) dan Xiao Yu, (13) setelah menonton video tersebut, memutuskan untuk mencobanya sendiri.

Mereka mengikuti cara dalam video, menaruh biji jagung ke dalam kaleng soda yang diletakan di atas api berbahan bakar alkohol untuk membuat popcorn.

Tidak diketahui apakah gadis-gadis itu mengikuti video dengan tepat atau apakah mereka membuat beberapa modifikasi. Namun, tiba-tiba peralatan yang mereka gunakan meledak, yang mungkin akibat adanya alkohol di dalam botol untuk pembakaran.

Xiao Yu, mengalami luka bakar parah, langsung dibawa ke rumah sakit dan sekarang masih dalam perawatan, sementara itu Zhe Zhe menderita luka bakar hingga 96 persen dan akhirnya meninggal.

Setelah berita tentang insiden itu muncul, banyak orang menyalahkan YouTuber karena memberikan demonstrasi yang buruk dan menuduhnya sebagai “pembunuh”.

Pada 10 September, Youtuber ini merilis video berisi pesan penyesalannya. Ia mengaku beberapa hari terakhir telah menjadi saat-saat paling gelap dalam hidupnya.

“Saya telah berdoa berkali-kali agar keajaiban terjadi pada Zhe Zhe, tetapi Tuhan tidak menunjukkan belas kasihan. Saya patah hati,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa dia bukan satu-satunya yang membuat popcorn dengan cara ini dan mengatakan bahwa dia menggunakan kompor api berbahan bakar alkohol yang aman.

Pemilik akun Ms Yeah Official ini juga yakin bahwa kedua gadis itu tidak merujuk ke videonya, tetapi mengikuti instruksi dari video lain.

{Baca juga: Kesal, YouTuber Ini Pamer Foto Editan Liburan Keliling Eropa}

Dia juga mengatakan bahwa telah menuliskan pesan peringatan di depan videonya. Meski demikian, dia tetap meminta maaf karena mengecewakan semua orang. Wanita ini mengaku akan berhenti membuat video.

Dari pengalaman di atas, sebaiknya ketika mengikuti video DIY semacam ini di internet, jangan mempercayai mereka sepenuhnya.

Sumber :

worldofbuzz.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Intip Siapa yang Ada di Jaringan WiFi dan Cara Memblokirnya

Banyak alasan mengapa jaringan internet melalui WiFi kita menjadi lemot. Salah satunya adalah karena mungkin ada orang yang tidak...

Pabrik Samsung Galaxy Z Flip Tutup Akibat Terinfeksi Corona

Telset.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pabrik Samsung yang berada di Gumi, Korea Selatan ditutup sementara akibat...

Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta - Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar...

Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta - Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang...

Bisa Main Game Lebih Lama, Black Shark 3 Punya Baterai 5.000 mAh

Telset.id, Jakarta - Xiaomi kembali disibukkan dengan penggarapan lini smartphone gaming terbarunya, Black Shark 3. Beragam bocoran juga sudah...
- Advertisement -