Hutchison Dekati XL Axiata, Mau Konsolidasi?

Telset.id, Jakarta – Hutchison Holdings Ltd melakukan pendekatan dengan Axiata Group atau perusahaan induk dari XL Axiata. Ada kabar, jika hal ini terkait konsolidasi operator telekomunikasi di Indonesia.

Dilansir Telset.id dari Bloomberg pada Kamis (12/09/2019), Hutchison secara informal menyatakan minatnya untuk mengeksplorasi kombinasi bisnis di Indonesia, yaitu XL Axiata. Menurut keterangan dari seorang sumber kedua belah pihak belum melakukan negosiasi secara subtantif terkait rencana tersebut.

Namun saham XL Axiata naik 9,8% dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia pada Selasa pagi (10/09/2019) di Jakarta atau yang tertinggi sejak 18 Februari lalu.  Tahun ini saham XL Axiata sudah naik sekitar 76%, sehingga valuasi perusahaan sudah mencapa USD$ 2,65 miliar atau Rp 35,9 triliun.

{Baca juga: Tri Dukung Konsolidasi Operator Demi Industri Telko yang Sehat}

Axiata Group sendiri pekan lalu telah mengakhiri pembicaraan dengan Telenor ASA Norwegia terkait merger jaringan di Asia.  Axiata Group mengakui jika sudah banyak pihak yang ingin bermitra dengan mereka. Walaupun pembicaraan dengan Telenor berakhir namun perusahaan lain seperti Sumitomo Corp Japan dan Mitsui & Co menaruh minat dengan Axiata Group.

“Axiata telah menciptakan peningkatan nilai dan daya tarik yang signifikan untuk operasinya dan seperti yang dibuktikan dalam satu tahun terakhir. Kami telah menarik banyak pelamar untuk bermitra dengan kami dan berusaha untuk mendapatkan aset kami termasuk Telenor, Mitsui, Sumitomo dan lain-lain” kata Axiata.

{Baca juga: Siap Konsolidasi, XL Tunggu Lampu Hijau dari Pemerintah}

Sayangnya Axiata dan Hutchison tidak mau berkomentar terkait isu konsolidasi tersebut. Hutchison memiliki bisnis telekomunikasi   di Indonesia, Vietnam dan Sri Lanka dengan total 45,7 juta pelanggan.

Layanan Hutchison 3 Indonesia (Tri) menyumbang USD$ 472 juta atau Rp 6,5 triliun atau 86% dari total pendapatan Hutchison dalam enam bulan pertama tahun 2019. Indonesia adalah satu-satunya pasar Hutch Asia yang membukukan laba positif sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi. [NM/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI