Razia Mobil Berisik, Paris Uji Teknologi Radar Kebisingan

Telset.id, Jakarta – Anda yang memiliki mobil dengan suara keras harus berhati-hati saat melintasi jalanan di Kota Paris, Prancis. Pasalnya sedang dilakukan uji coba teknologi Radar Kebisingan yang mampu mendeteksi mobil-mobil yang berisik.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Minggu (01/09/2019) teknologi ini dikembangkan oleh organisasi nirlaba yang berfokus pada lingkungan, Bruitparif.

{Baca juga: Polisi AS Pakai Sistem Pengenal Wajah Amazon}

Teknologi ini menggunakan 4 mikrofon untuk melakukan triangulasi asal-usul suara dan menghubungkannya dengan rekaman CCTV untuk menentukan siapa yang membuat keributan.

Hanya 40 perangkat yang digunakan dalam pengujian ini. Semua tersebar di sudut kota Paris seperti Villeneuve-le-Roi, kawasan hiburan Paris serta bangunan utama. Uji coba ini tidak dimaksudkan untuk mendenda siapa pun.

Sebaliknya, ini dimaksudkan untuk menguji kelayakan teknologi dan menentukan tingkat kebisingan yang mengarah pada kasus hukum.

Walaupun begitu sebuah rancangan undang-undang yang dijadwalkan untuk divoting pada pertengahan September ini akan memungkinkan pemerintah membuat aturan denda bagi mobil-mobil yang berisik.

Sebenarnya suara mobil memang menjadi salah satu fokus inovasi perusahaan kendaraan global. Misalnya Jaguar menciptakan mobil listrik canggih bernama Jaguar I-Pace.

Kendaraan tersebut tidak bersuara mesin. Karenanya, Jaguar I-Pace memiliki teknologi khusus untuk memperingatkan pengguna jalan yang tunanetra.

Mobil listrik Jaguar I-Pace berjalan tanpa suara mesin karena disemati teknologi Audible Vehicle Alert System atau AVAS. Supaya tidak membahayakan, Jaguar I-Pace mendapatkan suara buatan yang akan terdengar jika melaju dengan kecepatan 20 kilometer per jam.

{Baca juga: Mobil Listrik Jaguar Punya Teknologi Suara Khusus}

Menurut laporan Express, seperti dikutip Telset.id pada Minggu (21/10/2018), suara Jaguar I-Pace telah diuji oleh anggota Guide Dogs for the Blind, badan amal terkemuka di Inggris untuk orang-orang yang terkena dampak kehilangan penglihatan. [NM/HBS]

Sumber: Engadget

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Smartphone Oppo yang Mau Dirilis Didukung SuperVOOC 2.0

Telset.id, Jakarta - Oppo bakal memboyong smartphone baru pada 18 Februari di Indonesia. Meski tidak mengungkapkan seri apa yang akan...

Ngebutnya SuperVOOC 2.0 di Oppo Reno Ace, Ngecas Cuma 30 Menit!

Telset.id, Jakarta - Teknologi fast charging terbaru Oppo, SuperVOOC 2.0 pertama kali debut di Oppo Reno Ace yang diperkenalkan secara global...

Alasan Kenapa Smartphone dengan Baterai “Super” Itu Penting

Telset.id, Jakarta - Ketika sebuah pertanyaan terkait benda, perangkat, atau apapun itu namanya, yang tidak bisa kita lupakan dalam...

Headset VR Bantu Anak Autis ‘Lihat Dunia Nyata’

Telset.id, Jakarta  - Fasilitas perawatan spesialis di Inggris menggunakan teknologi headset VR (virtual reality) dan data mining untuk membantu...

Perusahaan Teknologi Kurang Peduli Masalah Kebakaran Hutan?

Telset.id, Jakarta  - Selama dua tahun terakhir, kebakaran hutan di California telah menimbulkan gumpalan asap melintasi Silicon Valley. Sejumlah perusahaan...
- Advertisement -