5 Bukti Smartphone Bisa Bikin Hidup Lebih Produktif

Telset.id, Jakarta – Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa menggunakan smartphone terlalu berlebihan bisa membahayakan kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa smartphone bisa bikin hidup lebih produktif. Benarkah?

Sebuah penelitian dari Duke University, North Carolina, Amerika Serika, membuktikan bahwa para remaja yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk bersentuhan dengan smartphone akan mengalami masalah perilaku dan gejala dari ADHD atau attention-deficit hyperactivity disorder.

Akibatnya, mereka yang menghabiskan banyak waktu dengan smartphone cenderung mudah berbohong, berkelahi, dan perilaku buruk lainnya.

Oke, penggunaan smartphone yang berlebihan memang terbukti tidak sehat, tapi apa iya seburuk itu? Tidak bisakah smartphone membuat hidup lebih produktif dengan cara yang sehat? Sebenarnya bisa-bisa saja. Bagaimanapun, segala sesuatunya kembali lagi kepada kita sebagai pengguna.

Apakah kita akan menatap layar berlama-lama hanya untuk melakukan kegiatan yang tidak penting dan tidak berguna, atau sebaliknya, berlama-lama dengan smartphone untuk meningkatkan produktivitas kerja dan kehidupan kita.

{Baca juga: Alasan Kenapa Oppo K3 Jadi Andalan di Sektor Multimedia}

Sebagian dari kita tentu merasakan sendiri bagaimana smartphone membuat kita menghemat banyak waktu bukan? Atau, bagaimana ini membuat kita dapat melakukan banyak tugas sekaligus? Pada akhirnya, semua keputusan ada di tangan kita, apakah ingin menjadikan smartphone sebagai kawan ataupun lawan.

Nah, di dalam artikel ini, berbekal Oppo K3, yang di atas kertas menjanjikan kinerja baik berkat kombinasi Snapdragon 710 dan RAM 6GB yang dibawanya, kam ingin memberi sedikit gambaran tentang bagaimana smartphone bisa membantu penggunanya untuk tak sekedar lebih produktif, tetapi juga memiliki kehidupan yang lebih baik.

1. Bekerja bahkan sambil makan

Main Hp sambil makan memang tidak pernah masuk dalam kategori kegiatan yang direkomendasikan. Apalagi jika kita sedang dalam posisi makan bersama teman atau keluarga. It’s a big No! Tapi, lain ceritanya jika kita dalam posisi makan sendirian. Alih-alih membiarkan waktu berlalu hanya dengan mengunyah makanan, akan lebih baik jika kita mengisinya dengan menyelesaikan sedikit pekerjaan. Apapun itu, bahkan sekedar membalas email atau membaca berita.

Saat ini, banyak smartphone yang memungkinkan penggunanya menikmati konten media dengan sangat baik, berbekal resolusi layar jempolan yang dibawanya. Di badan Oppo K3 misalnya, kita akan dimanjakan oleh layar OLED Panoramic Full Screen berukuran 6,5 inci beresolusi 2340 x 1080. Di atas kertas, spesifikasi ini memberikan pengalaman visual yang baik. Enak untuk ditatap berlama-lama.

2. Mengemudi sambil bekerja

Oke, ini mungkin terlihat lebih mengerikan dibanding bekerja sambil makan. Sebagian dari Anda mungkin berpikir, saran apaan sih nih? But hei, ini tidak seperti yang Anda kira. Disini kami sedang membicarakan tentang voice control, yang memungkinkan kita melakuka sesuatu di ponsel tanpa harus memegangnya.

Adapun beberapa pekerjaan yang bisa kita selesaikan sambil mengemudi adalah mengirim email, memeriksa cuaca, dan mengiri pesan teks. Sebelumnya, pastikan ada headset Bluetooth yang mumpuni ya.

3. Matikan musuh produktivitas, yaitu notifikasi

Lagi asik baca dokumen di smartphone tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa si A update status, atau si B posting sebuah foto, atau si C mengirim pesan sekedar bertanya, “sudah sampai kantor atau belum?.” Sepintas, terasa menyebalkan bukan? Buat Anda yang tak ingin produktivitas terganggu oleh hal-hal yang tidak lebih penting dari pekerjaan, mematikan notifikasi di smartphone mungkin bisa menjadi solusi.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Di Oppo K3, mematikan fitur ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu pengaturan >> lalu buka aplikasi >> pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya >> centang pada tunjukkan notifikasi >> Perangkat akan meminta pesan untuk mengonfirmasi pilih OK dan selesai.

4. Kamera bukan cuma buat menuh-menuhin memori

Pernahkah kita berpikir bahwa kamera bagus yang ada di perangkat kita bisa kita berdayakan untuk hal yang lebih besar dari sekedar mengagumi diri sendiri? Memotret sesuatu untuk kemudian di posting di media sosial, mungkin? Sekali lagi, bukan wajah Anda. Itu bisa berupa kue buatan sendiri atau hal lainnya yang bisa dijual. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk menyimpan informasi yang sangat berguna, seperti resep misalnya, atau jadwal piket mingguan, atau, posisi parkir mobil Anda? Kamera utama 16 megapiksel (f / 1.7) dengan sensor kedalaman 2 megapiksel di badan Oppo K3 lebih dari cukup untuk membuat foto lebih hidup.

5. Mode pesawat bukan cuma buat di pesawat

Sebagian dari kita mungkin masih belum banyak mengenal manfaat dari kebedaraan airplane mode atau mode pesawat pada smartphone. Tahunya hanya bahwa ini harus diaktifkan saat berada di dalam pesawat. Oke, manfaat lainnya dari airplane mode adalah menghemat baterai dan mengisi ponsel lebih cepat. Selain itu, jika Anda mengalami masalah dengan sinyal 3G/4G, padahal seharusnya tidak, cukup aktifkan mode pesawat dan kemudian mati, setelah itu sinyal Anda harusnya kembali lagi.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tablet Terbaik Harga Rp 2 – 5 jutaan Tahun 2020

Telset.id - Bagi kalian yang sedang mencari tablet untuk kebutuhan sehari-hari, tablet Android biasanya memang menawarkan harga yang lebih...

Canon Webcam Tersedia di MacOS, Download di Sini!

Telset.id, Jakarta - Kecewa dengan kualitas kamera webcam yang kurang bagus? Apabila Anda memiliki kamera DSLR maupun kamera mirrorless Canon,...

Video Call dan Streaming Film Dongkrak Trafik Data Indosat

Telset.id, Jakarta - Perubahan perilaku masyarakat yang tidak bisa mudik, berdampak pada trafik komunikasi Indosat Ooredoo. Tercatat trafik Data...

Rekomendasi 10 Aplikasi Foto Bergerak Terbaik di Android

Telset.id - Kreativitas bisa dilakukan dari sebuah foto dengan bantuan sebuah aplikasi. Misalnya saja, membuat foto bergerak menggunakan aplikasi...

Keyboard Gaming Logitech G915 TKL Dirilis, Harga Rp 4 Jutaan

Telset.id, Jakarta - Logitech menghadirkan keyboard gaming terbaru. Perusahaan asal Swiss tersebut menghadirkan keyboard gaming Logitech G915 TKL dengan...
- Advertisement -