Baju “Berpelat Mobil” Ini Bisa Kecoh Kamera Pengintai

Telset.id, Jakarta  – Pakaian ini unik karena dirancang bisa memungkinkan Anda manyaru atau menyamar menjadi mobil. Saat memakainya, Anda bisa mengecoh kamera pengintai karena baju ini “berpelat mobil”. Ya, pakaian koleksi Fashion Adversarial itu bergambar pelat nomor kendaraan.

Menurut CNET, dikutip Telset.id, Kamis (15/8/2019), pakaian tersebut mengecoh teknologi pembaca pelat otomatis atau ALPR dengan cara menyuntikkan data sampah ke sistem yang digunakan untuk melacak warga sipil.

{Baca juga: Negara Ini akan Awasi Semua Pergerakan Mobil Warganya}

ALPR, yang biasanya dipasang di tiang jalan, lampu jalan, jalan layang, dan menara seluler, menggunakan kamera pengintai jaringan dan pengenalan gambar guna melacak pelat nomor, lokasi, tanggal, dan waktu.

Perancang busana Kate Rose memamerkan pakaian itu pada konferensi DefCon di Las Vegas pada akhir pekan lalu. Ia terinspirasi oleh percakapan dengan seorang teman yang bekerja di Electronic Frontier Foundation.

Fashion Adversarial, kata Kate Rose, membuat pakaian tersebut untuk menyoroti masalah tentang pengawasan yang dikendalikan oleh komputer menjadi kurang invasif dan lebih sulit tanpa pengawasan manusia.

Koleksi yang dihadirkannya meliputi kemeja, hoodies, jaket, gaun, dan rok. Semuanya mempunyai gambar pelat nomor yang dimodifikasi. Beberapa pakaian buatannya memuat huruf kuning tebal di atas pelat nomor mobil.

{Baca juga: Mobil di China Wajib Pakai RFID, untuk Apa?}

“Harga yang kami tawarkan bervariasi, sekitar USD 25 atau Rp 350 ribu hingga USD 50 atau Rp 700 ribu. Saat memilih ukuran, Anda harus mempertimbangkan tidak hanya pas, tetapi juga mudah dibaca,” tukas Kate Rose. [SN/HBS]

Sumber: CNET

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI