Apple akan Bawa Teknologi Face ID ke Mac?

Telset.id, Jakarta  – Face ID pertama kali diperkenalkan Apple saat merilis iPhone X beberapa tahun lalu. Tak lama berselang, Face ID kemudian tersemat di iPad Pro. Nah, kini ada desas-desus yang menyebutkan bahwa Apple akan memboyong fitur pemindai wajah ini ke perangkat Mac. Benarkah?

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Minggu (11/8/2019), Apple sepertinya memang sedang mengeksplorasi ide tersebut. Hal itu terungkap dari paten yang baru-baru ini didaftarkan oleh Apple.

{Baca juga: Tak Cuma Face ID, iPad Terbaru Juga Punya Animoji}

Namun demikian, Face ID untuk perangkat Mac tidaklah sama dengan yang tersemat di  iPhone atau iPad. Kabarnya, fitur pemindai wajah untuk Mac ini merupakan versi yang lebih pintar lantaran akan menyertakan mode tidur cerdas.

Menurut uraian paten, Face ID untuk Mac menerapkan iterasi mode tidur yang sebagian besar berbasis timer. Setelah waktu yang ditetapkan tanpa input dari pengguna, komputer secara otomatis masuk ke mode tidur.

Sayang, teknologi tersebut justru berpotensi mengganggu ketika pengguna mungkin melakukan sesuatu yang tidak memerlukan input. Sebut saja tatkala pengguna menonton video atau mendengarkan musik.

Namun, dengan kehadiran paten itu, kamera di Mac bakal bisa melacak wajah pengguna. Dan jika mendeteksi bahwa mereka masih di komputer, Face ID di Mac akan mencegah mode tidur. Sayang, Apple belum mengonfirmasi kabar ini.

Beberapa waktu lalu, ada fitur anyar yang dibawa dalam pembaruan WhatsApp untuk iPhone. Fitur tersebut adalah mode keamanan untuk mengunci aplikasi dengan Face ID atau Touch ID. Tujuannya demi keamanan pengguna.

{Baca juga: Khusus iPhone! Buka WhatsApp Pakai Face ID}

Nantinya, dua teknologi keamanan berbasis biometrik itu bakal bisa dimanfaatkan untuk mengamankan WhatsApp. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi paling baru. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI