Pendapatan XL Axiata di Q2 2019 Naik 11%

Telset.id, Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL) mencatat kinerja yang bagus di semester 1 tahun 2019 (Q2). Operator asal Malaysia ini berhasil membukukan pendapatan sebesar 11% Year-On-Year (YoY), serta peningkatan lainnya untuk periode ini.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Kamis (01/08/2019), peningkatan yang dicapai XL didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15%. Peningkatan pendapatan juga dicatat layanan Data menjadi 29%.

{Baca juga: Pendapatan XL Axiata di Q1 2019 Naik 9%}

Menurut CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan jika pertumbuhan ini juga ditopang oleh meningkatnya EBITDA menjadi 19% dan EBITDA margin sebesar 3%. Pada Q2 2019 ini, XL juga berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 282 miliar.

“Kami masih terus fokus dan konsisten pada pelaksanaan strategi untuk mendorong meningkatkan bisnis layanan data,” ujar Dian.

Dian menambahkan jika pelanggan smartphone mereka mencapai 48,6 juta atau meningkat dari Q2 tahun lalu. Sementara itu total pelanggan berhasil tumbuh mencapai 56,6 juta pengguna atau meningkat 7%.

Pelanggan pascabayar juga meningkat menjadi menjadi lebih dari 1,05 juta. Peningkatan pelanggan ini terutama didorong oleh keberhasilan perusahaan dalam menarik pelanggan smartphone dan juga pertumbuhan pelanggan yang pesat di wilayah luar Jawa.

“Dengan semua peningkatan pada jumlah pelanggan tersebut, ARPU blended juga mengalami peningkatkan sebesar 10% YoY menjadi Rp 34 ribu,” tulis Dian.

Menurut Dian, strategi dual-brand yang memanfaatkan merek XL dan AXIS untuk melayani segmen pasar layanan data yang berbeda masih menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan kinerja XL Axiata yang kuat tahun ini. Kedua merek tersebut berhasil terus tumbuh dan menunjukkan tren yang positif.

{Baca juga: Siapkan Capex Rp 7,5 Triliun, Ini Target XL Axiata}

Selain itu kenaikan trafik jaringan juga meningkat pesat sebesar 64% di semester 1 2019. Peningkatan ini terutama didorong oleh trafik data pada 4G karena pengguna layanan data XL Axiata mencapai 88% dari total pelanggan.

Terakhir di periode ini, jaringan XL Axiata telah diperkuat dengan lebih dari 127.000 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 37.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL saat ini sudah tersedia di 408 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. [NM/HBS]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ngebutnya SuperVOOC 2.0 di Oppo Reno Ace, Ngecas Cuma 30 Menit!

Telset.id, Jakarta - Teknologi fast charging terbaru Oppo, SuperVOOC 2.0 pertama kali debut di Oppo Reno Ace yang diperkenalkan secara global...

Alasan Kenapa Smartphone dengan Baterai “Super” Itu Penting

Telset.id, Jakarta - Ketika sebuah pertanyaan terkait benda, perangkat, atau apapun itu namanya, yang tidak bisa kita lupakan dalam...

Headset VR Bantu Anak Autis ‘Lihat Dunia Nyata’

Telset.id, Jakarta  - Fasilitas perawatan spesialis di Inggris menggunakan teknologi headset VR (virtual reality) dan data mining untuk membantu...

Perusahaan Teknologi Kurang Peduli Masalah Kebakaran Hutan?

Telset.id, Jakarta  - Selama dua tahun terakhir, kebakaran hutan di California telah menimbulkan gumpalan asap melintasi Silicon Valley. Sejumlah perusahaan...

Telkomsel Perkuat Jaringan 4G di 5 Wisata Super Prioritas

Telset.id, Jakarta - Telkomsel mendukung upaya pemerintah untuk memajukan pariwisata Indonesia. Caranya dengan memperkuat jaringan 4G Telkomsel di 5...
- Advertisement -