Ternyata, Kepribadian Orang Terdeteksi dari Accelerometer Smartphone

Telset.id, Jakarta – Mayoritas smartphone yang beredar saat ini dilengkapi dengan sensor accelerometer. Sensor ini bertujuan untuk mendeteksi gerakan smartphone, dan biasanya digunakan bagi pengguna yang ingin menggunakan smartphone di posisi landscape ataupun portrait.

Namun baru-baru ini, peneliti menemukan potensi bahwa sensor ini bisa mengungkapkan jenis kepribadian pengguna.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (26/07/2019), peneliti dari Royal Melbourne Institute Technology (RMIT) Australia menemukan bahwa sensor tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk memprediksi 5 ciri kepribadian utama.

Ciri kepribadian didapatkan berdasarkan data seberapa jauh pengguna berjalan, seberapa sering kita mengangkat telepon di malam hari, dan sebagainya. Orang yang menyenangkan cenderung memiliki pola aktivitas yang lebih acak dan cenderung sibuk pada akhir pekan.

{Baca juga: Hati-hati! Hacker Tipu Pengguna Smartphone Pakai E-mail}

Mereka juga menemukan bahwa wanita yang memiliki sifat sensitif sering mengangkat telepon di malam hari. Sementara pria yang juga diklasifikasikan sebagai sensitif melakukan sebaliknya.

Selain untuk menentukan karakter, data di accelerometer juga dapat digunakan untuk rekomendasi teman atau bahkan iklan yang ditargetkan bagi pengguna.

Ini adalah penelitian yang menarik, tapi karena ukuran sampel penelitian ini hanya 52 peserta, sehingga mungkin tidak harus seakurat yang diharapkan. Penelitian mengenai smartphone dan kepribadian pengguna bukan pertama kali dilakukan.

Awal tahun lalu sebuah penelitian menilai ada 4 cara memegang smartphone dan artinya. Pertama pegang smartphone dengan satu tangan biasa digunakan oleh mereka yang memiliki kepribadian yang kuat.

{Baca juga: Baca Karakter dari Cara Orang Megang Smartphone, Kok Bisa?}

Untuk urusan asmara, orang yang biasa memegang smartphone dengan satu tangan biasanya tidak mudah menyerah. Orang ini juga akan sekuat tenaga mempertahankan orang yag dicintainya, dan tak akan melepaskannya.

Sedangkan memegang smartphone dengan dua tangan dan mengetik dengan dua ibu jari biasanya merupakan orang yang sangat berbakat, penuh kreativitas dan suka berimajinasi. (NM/FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Vivo S6 5G Melenggang Resmi dengan Otak Exynos 980

Telset.id, Jakarta - Smartphone 5G terbaru Vivo, yakni Vivo S6 5G akhirnya meluncur. Masuk ke segmen menengah ke atas, Vivo...

Giliran Blibli Donasi APD untuk Petugas Medis Covid-19

Telset.id, Jakarta - Blibli turut memberikan donasi berupa alat pelindung diri atau APD untuk para petugas medis yang menangani...

Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta - Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara...

Rekomendasi 5 Senjata Terbaik dan Mematikan di COD Mobile

Telset.id - Call of Duty Mobile merupakan salah satu game FPS yang digemari para gamers Android dan iOS. Dalam COD...

Gerakan #BetterAtHome, Pesan HP Terbaru Oppo Bisa via WhatsApp

Telset.id, Jakarta - Oppo mengkampanyekan gerakan #BetterAtHome sebagai dukungan atas imbauan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona atau Covid-19...
- Advertisement -