Kreativitas Berasal dari Tangan, Ini Alasannya

Telset.id – Koreksi kami jika salah, saat ini smartphone telah menjadi sesuatu yang sangat biasa di dalam kehidupan. Jangankan orang tua, bahkan anak kecil di bawah umur lima tahun saja pernah merasakan yang namanya dibuat kecanduan oleh ponsel pintar. Kemanapun kita pergi, dimana pun kita berada, yang namanya smartphone tidak pernah ketinggalan. Bahkan, sebagian orang malah merasa lebih tenang saat meninggalkan dompet di rumah, ketimbang meninggalkan smartphone.

Tapi, apakah smartphone yang kita sayangi ini pada akhirnya membantu kita, atau sebaliknya?

Sebagai produk teknologi, adalah hal yang tidak bisa dihindari jika smartphone juga memiliki kelemahan. Katakanlah membawa efek negatif bagi penggunanya. Smartphone dapat menghancurkan kreativitas – terutama ketika ia membuat kita mengalihkan perhatian dari hal-hal penting yang harusnya kita lakukan. Sebagai contoh, bukannya kerja malah main media sosial, bukannya tidur malah main game, dan sebagainya.

Tapi, tentu saja smartphone juga tidak sepenuhnya buruk. Faktanya, dengan smartphone kita bisa menumbuhkan rasa ingin tahu, meningkatkan kreativitas, bahkan menantang diri sendiri untuk menghasilkan sesuatu. Nah, membuat vlog dalam hal ini adalah salah satunya.

So, daripada menghabiskan waktu berjam-jam dengan smartphone hanya untuk “menyakiti” diri sendiri dan menjauhkan diri dari orang lain, mending berkreasi dengan menghasilkan video yang keren dan bisa dinikmati banyak orang.

Untuk membantu Anda menjadi layaknya seorang vlogger profesional, kami telah menyusun beberapa tips dan trik yang perlu diketahui oleh vlogger pemula. Check this out!

Maksimalkan Apa yang Anda Punya

Jika Anda adalah seseorang yang baru mau memulai, membeli kamera canggih atau smartphone mahal hanya untuk nge-vlog sama sekali bukan keharusan, dan kami tidak menyarankan itu. Sebagai gantinya, gunakan saja smartphone apa pun yang ada punya. Kuncinya fokus pada konten video. Karena pada akhirnya ini adalah tentang apa yang bisa Anda lakukan dengan smartphone Anda.

Saat ini, banyak smartphone yang telah mengusung standar 1080p. Samsung Galaxy A30 misalnya, dibekali kamera depan 16MP dan kamera ganda dengan kombinasi 16 MP lensa utama dan 5 MP lensa Ultra wide di bagian belakang, Samsung Galaxy A30 bukan saja mahir dalam urusan fotografi, ini juga bisa digunakan untuk mengambil video dengan sudut pandang yang lebih lebar. Samsung mengklaim bisa mencapai 123 derajat.

Horizontal is a Must

Kesalahan paling umum yang dilakukan seorang pemula saat merekam video adalah mengambilnya secara vertikal. So, jangan lakukan!

Video yang diambil dengan mode landscape atau horizontal bagaimanapun selalu lebih menarik untuk ditonton. Buktinya adalah film-film yang selama ini kita tonton. So, jika Anda ingin agar video yang Anda hasilkan bisa dikonsumsi dengan baik oleh orang banyak, ambillah dalam bentuk layar landscape.

Samsung Galaxy A30 smartphone dibekali layar jernih dengan panel berteknologi Super AMOLED yang menghasilkan reproduksi warna yang baik. Layarnya juga cukup besar, yakni 6.4 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel. Dan dengan rasio layar 19:5:9 yang dibawanya, video yang Anda ambil akan terasa lebih penuh.

Pastikan Cahaya Sudah Cukup

Ya, memilih waktu yang tepat untuk pengambilan gambar adalah salah satu syarat penting jika Anda ingin menghasilkan video yang keren. Cahaya matahari dalam hal ini adalah sumber cahaya terbaik, jadi cobalah memanfaatkan itu sebisa mungkin. Jika tidak memungkinkan, atau katakanlah Anda ingin merekam video di malam hari, sedikit berinvestasi pada alat penerangan mungkin bisa dilakukan.

Jangan Lupa Tes Kamera

Vlogger pemula umumnya akan merekam sendiri video-nya, ketimbang mencari asisten untuk membantunya. Jika Anda salah satunya, biasakanlah untuk memeriksa atau mengecek terlebih dahulu hasil rekaman Anda, sebelum benar-benar memulai.

Rekam video sekitar 5-10 detik, lalu periksa hasilnya untuk memastikan tampilannya sudah sesuai keinginan. Setelah puas dengan bidikan itu, Anda bisa mulai merekam sesuka Anda. Mau ngoceh selama satu jam, atau dua jam, tidak masalah. Apalagi Galaxy A30 juga dibekali kapasitas baterai 4000 mAh. Di atas kertas, ini bisa bertahan seharian.

Sementara fitur fast charging yang berdaya 15 watt selalu memberi Anda kemungkinan untuk mengisi daya dalam waktu yang cepat. Siapa tahu tiba-tiba baterai sekarat ditengah vlogging? Fitur USB Type-C juga akan sangat mendukung upaya ini, disamping juga dapat melakukan transfer data dengan lebih cepat.

Tambahkan Musik Biar Lebih Dramatis

Menambahkan suara atau lagu sebagai latar bisa membuat video Anda menjadi lebih baik dan enak ditonton. Namun demikian, perlu diingat bahwa salah-salah pilih lagu bisa berdampak buruk pada karir Anda.

Program contentID YouTube akan secara otomatis memeriksa apakah Anda menggunakan lagu yang dilindungi hak cipta dan akan langsung beraksi jika Anda menggunakannya. Bukan cuma memonetisasi video yang akan susah, pahit-pahitnya akun Anda juga bisa dibanned. Untuk mencegah ini, gunakan musik bebas royalti ya.

Nah, buat Anda yang tertarik, silahkan beli Samsung Galaxy A30 dari situs web resmi Samsung Indonesia. [adv]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pengguna Internet Indonesia Akses Medsos 3,5 Jam per Hari

Telset.id, Jakarta - Menurut laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019, bahwa netizen atau pengguna Internet Indonesia rata-rata menghabiskan...

Indonesia Negara Adidaya Smartphone di Tahun 2025

Telset.id, Jakarta  - Laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019 mengungkap, bahwa Indonesia akan menjadi negara adidaya smartphone di...

Ini Produk Paling Diburu Pelanggan Blibli di Harbolnas 12.12

Telset.id, Jakarta  – Blibli mencatat pertumbuhan yang positif di pesta Harbolnas 12.12 tahun ini. Perusahaan e-commerce ini berhasil membukukan...

Hari Ini Samsung Buka Pre Order Kedua Galaxy Fold

Telset.id, Jakarta – Pre order Samsung Galaxy Fold pada Jumat (13/12) langsung ludes dalam hitungan menit. Kini Samsung akan...

Cegah Spam Jahat, Google Punya Fitur ‘SMS Verifikasi’

Telset.id, Jakarta – Melihat email kita dibanjiri spam memang menjengkelkan. Selain itu, resiko spam jahat yang disusupi malware masih...
- Advertisement -