Korut Rilis “Smartphone Khusus”, Tanpa Internet dan Fitur Terbatas

Telset.id, Jakarta – Korea Utara merilis smartphone khusus yang ditujukan bagi warganya. Berbeda dengan smartphone pada umumnya, smartphone Korea Utara bernama Pyongyang 2425 ini tidak dapat digunakan untuk mengakses informasi apapun tentang dunia luar.

Korea Utara memberikan banyak pembatasan fitur pada Pyongyang 2425. Seperti tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi sembarangan, tidak bisa membuka foto dan ringtone sembarangan, dan lainnya.

Smartphone ini hanya dapat terhubung ke internet via jaringan bernama “Mirae” yang dikelola langsung oleh pemerintah Kim Jong-un. Mirae adalah jaringan intranet yang menjadi sarana Korea Utara untuk menyebarkan propaganda.

{Baca juga: Gokil! Korea Utara Diduga Hasilkan Triliunan dari Peretasan}

Dilaporkan oleh The Sun, seperti dilansir Telset.id pada Minggu (30/06/2019), smartphone Korea Utara ini tidak dibuat oleh negara tersebut. Melainkan, dibuat oleh pabrikan asal China.

Smartphone ini diimpor langsung dari China sebagai produk jadi, sebelum akhirnya software khusus dipasangkan di dalamnya.

“Korea Utara memesan smartphone dan mereka akan mengganti software-nya. Meskipun mengubah software dapat menyebabkan beberapa masalah dalam fungsi, terlepas dari jenis perangkat keras yang digunakan, mereka dapat mengubah software setelah mengimpornya,” jelas sumber anonim saat diwawancara Daily NK.

Bagaimana spesifikasi dan fiturnya? Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core, layar touchscreen yang halus perpindahannya, fitur face recognition dengan kamera infrared untuk sistem keamanan, hingga aplikasi-aplikasi khusus.

{Baca juga: 10 Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia Terlengkap 2019}

Ya, terdapat aplikasi untuk belajar bahasa China dan Inggris, aplikasi ensiklopedia, aplikasi cuaca, aplikasi perpustakaan mirip Apple Books, sampai aplikagi hiburan seperti musik dan game.

Akan tetapi, para pengguna tidak bisa sembarangan memasang aplikasi atau fitur tersebut. Karena keterbatasan kecepatan internet, mereka wajib mengunjungi toko resmi untuk memasang aplikasi atau fitur yang diinginkan.

“Pyongyang 2425 hadir dengan fitur yang disempurnakan, dipuji oleh banyak pelanggan,” klaim salah satu toko resmi di negara tersebut. (FHP)

Sumber: The Sun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Operator Angkat Bicara Soal Razia Kerumunan Lewat Nomor Ponsel

Telset.id, Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Kominfo berencana untuk razia kerumunan orang melalui deteksi nomor ponsel. Operator seluler,...

Catat! Ini 5 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android

Telset.id - Fitur rekam layar sudah ada di beberapa smartphone Android. Tapi, ada pula smartphone Android yang belum menyediakan fitur ini...

Pelancong “Idiot” Berpotensi Sebar Virus Corona di AS

Telset.id, Jakarta  - Pemandang paling membuat frustrasi saat pandemi virus corona adalah aktifitas para pelancong yang sedang liburan musim...

Irit-iritan Bandwidth 4 Aplikasi Video Conference Populer, Siapa Terbaik?

Telset.id, Jakarta - Setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok...

Tes Darah Berteknologi AI Bisa Diagnosis Kanker Paru-paru

Telset.id, Jakarta  - Tim ilmuwan di Amerika Serikat (AS) mengembangkan tes darah berteknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan...
- Advertisement -