YouTube Bakal Sembunyikan Kolom Komentar, Ini Alasannya

Telset.id, Jakarta – Kolom komentar di YouTube punya reputasi buruk. Kreator justru dipuji saat mengunggah video berisi hal-hal di luar nalar. Ambil contoh mempertontonkan korban bunuh diri, mempromosikan video konspirasi, atau menawarkan obat ajaib.

Berkaca dari hal-hal semacam itu, YouTube mulai mempertimbangkan untuk mengubah desain platform. Aplikasi berbagi video ini berencana menyembunyikan kolom komentar secara otomatis. Hal tersebut pertama ditemukan oleh XDA Developers di perangkat Android di India.

{Baca juga: YouTube akan Tingkatkan Kualitas Video Musik Lawas}

Menurut TechCrunch, kini bagian komentar di YouTube untuk iOS maupun Android tak terlalu terlihat. Video akan tampil di bagian atas layar. Di bawah video, terdapat tombol untuk membagikan video, memberi tanda suka atau tidak suka, mengunduh video, dll.

Di bagian paling bawah, seperti dikutip Telset.id, Selasa (25/6/2019), terdapat rekomendasi video berdasarkan algoritma YouTube. Dengan kata lain, apabila ingin membaca komentar, pengguna harus mengusap layar perangkat hingga ke bagian paling bawah.

Nantinya, ketika desain baru YouTube diterapkan, kolom komentar total dihilangkan. Pengguna baru bisa melihat kolom komentar jika menekan tombol tertentu. Tombol tersebut bisa ditemukan oleh paengguna di antara tanda jempol suka atau tidak suka.

{Baca juga: Ada Fitur Merias Wajah di YouTube, Mau Coba?}

Baru-baru ini, YouTube menghadirkan fitur baru bernama AR Beauty Try-On, yang menggunakan tekenologi AR. Fitur itu memungkinkan penonton untuk mencoba produk kecantikan secara virtual menggunakan aplikasi. Layar ponsel akan terbagi menjadi dua.

Di bagian atas terdapat video tutorial. Lalu, di bagian bawah, pengguna akan melihat tampilan dari kamera depan ponsel untuk mencoba produk yang dibahas dalam video.  Jika video membahas soal lipstik, pengguna bisa mencoba berbagai warna dengan cara sekali ketuk. [SN/HBS]

Sumber: Techcrunch

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI