Foto Terbaru Perlihatkan Warna Biru di Kawah Mars, Apa Itu?

Telset.id, Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menampilkan visualisasi terbaru kawah di permukaan Mars. Dalam bentuk foto, NASA memperlihatkan bahwa kawah di permukaan Mars berwarna biru keungu-unguan.

“Bisa jadi, warna biru merupakan es dan air di Mars. Namun, kepastiannya belum kami konfirmasi. Para ilmuwan masih melakukan penelitian lebih lanjut,” ujar Veronica Bray, anggota tim peneliti HiRISE dan ilmuwan Universitas Arizona.

Namun, pernyataan mengejutkan datang dari Leslie Tamppari, wakil ilmuwan proyek Mars Reconnaissance Orbiter. Ia mengemukakan bahwa warna biru yang tampak di foto bukanlah warna asli,” terangnya seperti dilansir CNN.

{Baca juga: Aneh! Benda di Mars Ini Mirip Logo Star Trek}

Dikutip Telset.id, Minggu (23/6/2019), kawah selebar 16 meter di Mars yang terekam oleh para ilmuwan diperkirakan telah terbentuk antara September 2016 dan Februari 2019. Kawah itu terletak di selatan sistem Valles Marineris.

Sejauh ini, para ilmuwan telah menemukan lebih dari 500 kawah di Mars. Mereka merekam permukaan Mars beserta kawah aktif nan dinamis yang ada d sana guna mempelajari mengenai rentang proses pembentukannya.

Sekadar informasi, NASA pernah menemukan planet mirip di film Star Wars. Dan belum lama ini, NASA menemukan sebuah benda yang mirip dengan logo Star Trek di permukaan Mars. Logo itu berada di orbit sekitar permukaan Mars.

{Baca juga: Mahal Banget! Ongkos Perjalanan ke Bulan Capai Rp 430 Triliun}

NASA memotretnya. Dari foto yang ada, bentuknya mirip logo Starfleet. “Ya, bentuknya sangat mirip logo Star Fleet di Start Trek. Menurut kami, hal itu hanyalah sebuah kebetulan,” tulis NASA dan University of Arizona dalam sebuah pernyataan.

Objek yang ditemukan di permukaan Mars itu diklaim sebagai gundukan pasir yang terbentuk akibat lava letusan gunung berapi, angin, dan gerakan pasir. Kebetulan, bentuknya memang menyerupai bulan sabit dengan lava yang mengeras. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI