Pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia Didominasi Laki-laki

Warganet Facebook

Telset.id, Jakarta – Berdasarkan studi, sebagian besar pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia didominasi oleh laki-laki. Studi ini dilakukan oleh Cuponation, sebuah situs informasi diskon dan kupon online.

Melalui keterangan resmi yang diterima tim Telset.id pada Rabu (19/06/2019), pengguna Facebook di Indonesia didominasi oleh laki-laki dengan selisih hingga 11% lebih banyak apabila dibandingkan dengan pengguna perempuan.

Jika dilihat berdasarkan demografi, pengguna Facebook terbanyak berada kalangan umur 18 sampai 34 tahun untuk perempuan, dan 25 sampai 34 tahun untuk laki-laki.

Sama halnya dengan Facebook, jumlah pengguna Instagram di Indonesia juga didominasi oleh laki-laki dengan selisih 1,9% lebih banyak. Rentang usia pengguna Instagram terbanyak berasal dari rentang usia 18 sampai 24 tahun.

{Baca juga: Jumlah Warganet Facebook Indonesia Terbanyak Keempat di Dunia}

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang menjadi “penyumbang” terbanyak untuk urusan jumlah pengguna Facebook dan Instagram. Total, warganet Facebook dan Instagram asal Indonesia menempati posisi empat besar di dunia.

Total pengguna Facebook asal Indonesia mengalahkan Meksiko, Filipina, Vietnam, dan Thailand dengan total 120 juta pengguna atau sekitar 44,94% dari populasi.

Sementara untuk Instagram, Indonesia juga menempati posisi empat besar dengan mengalahkan Rusia, Turki, Jepang, dan Inggris dengan jumlah 56 juta atau sekitar 20,97% dari populasi.

Dalam studinya juga, Cuponation merilis studi soal aplikasi chatting populer di Indonesia. WhatsApp menjadi aplikasi paling populer di Indonesia dengan tingkat penetrasi 83%.

Disusul oleh Line dan Facebook Messenger dengan masing-masing 59% dan 47%. Lalu, ada Blackberry Messenger (BBM) di urutan keempat dengan tingkat penetrasi 38%, dan WeChat di posisi kelima sebesar 28%.

Studi ini dikutip dari beberapa sumber dari World Population Review dan Census. Rata-rata pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia dihitung berdasarkan data yang diambil dari NapoleonCat untuk periode Januari 2019 sampai April 2019. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here