Grab akan Denda Konsumen yang Cancel Order

Telset.id, Jakarta Grab melakukan uji coba sistem denda pembatalan bagi konsumen yang membatalkan order. Uji coba denda pembatalan Grab akan dilakukan pada Senin (17/06/2019) untuk pengguna Grab di kawasan Lampung dan Palembang.

Dijelaskan Grab dalam situs resminya, mereka memberikan ketentuan denda bagi konsumen yang membatalkan pesanan. Denda tersebut berlaku apabila konsumen atau penumpang membatalkan pesanan di atas 5 menit sejak mendapatkan mitra pengemudi.

Denda juga berlaku, ketika mitra pengemudi membatalkan pesanan setelah menunggu penumpang lebih dari 10 menit sejak tiba di titik penjemputan, dan lebih dari 5 menit khusus untuk layanan GrabBike.

{Baca juga: Ngakak! Driver Grab Kaget Wajahnya Mirip dengan Penumpangnya}

Sedangkan jika penumpang membatalkan perjalanan dalam waktu 5 menit sejak mendapatkan Mitra Pengemudi, maka denda tidak berlaku. Jumlah dendanya sendiri terbagi menjadi dua macam.

“Biaya pembatalan berlaku sebesar Rp 1000 untuk GrabBike atau Rp 3000 untuk GrabCar, GrabCar 6, GrabCar Plus dan GrabTaxi,” tulis Grab.

Biaya pembatalan akan dihapuskan jika mitra pengemudi tidak tiba dalam waktu 5 menit setelah estimasi waktu kedatangan pertama kali muncul. Sebagai contoh, jika estimasi kedatangan mitra pengemudi terlihat 10 menit, namun konsumen sudah menunggu lebih dari 15 menit, maka mereka tidak dikenakan biaya pembatalan.

Grab juga menegaskan, para konsumen atau pengguna Grab tidak perlu khawatir apabila di aplikasi tertulis pengemudi sudah sampai, namun ternyata belum muncul di titik jemput. Sebab, sistem Grab dapat mendeteksi lokasi para pengemudi.

Layanan ini juga memastikan, dalam situasi tersebut para penumpang tidak akan dikenakan biaya pembatalan karena pengemudi yang dinanti tidak juga muncul.

{Baca juga: Makin Ribet, Pengguna Grab di Malaysia Wajib “Selfie”}

Denda pembatalan sendiri akan dipotong langsung dari saldo OVO atau kartu kredit/debit penumpang. Apabila penumpang menggunakan metode pembayaran tunai, biaya ini akan ditambahkan secara otomatis ke tarif pemesanan berikutnya.

“Biaya pembatalan ini akan diberikan kepada Mitra Pengemudi atas waktu dan upayanya menuju lokasi jemput,” tambah Grab. (NM/FHP)

Sumber: Grab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pengguna Internet Indonesia Akses Medsos 3,5 Jam per Hari

Telset.id, Jakarta - Menurut laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019, bahwa netizen atau pengguna Internet Indonesia rata-rata menghabiskan...

Indonesia Negara Adidaya Smartphone di Tahun 2025

Telset.id, Jakarta  - Laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019 mengungkap, bahwa Indonesia akan menjadi negara adidaya smartphone di...

Ini Produk Paling Diburu Pelanggan Blibli di Harbolnas 12.12

Telset.id, Jakarta  – Blibli mencatat pertumbuhan yang positif di pesta Harbolnas 12.12 tahun ini. Perusahaan e-commerce ini berhasil membukukan...

Hari Ini Samsung Buka Pre Order Kedua Galaxy Fold

Telset.id, Jakarta – Pre order Samsung Galaxy Fold pada Jumat (13/12) langsung ludes dalam hitungan menit. Kini Samsung akan...

Cegah Spam Jahat, Google Punya Fitur ‘SMS Verifikasi’

Telset.id, Jakarta – Melihat email kita dibanjiri spam memang menjengkelkan. Selain itu, resiko spam jahat yang disusupi malware masih...
- Advertisement -