Xiaomi Patenkan Teknologi “Kamera di Layar”

Telset.id, Jakarta – Saat ini sudah cukup banyak smartphone yang mengadopsi teknologi in-screen fingerprint atau sidik jari di dalam layar. Lalu, apa setelahnya? Rupanya, setelah sensor sidik jari, kini giliran kamera yang akan disematkan di dalam layar smartphone.

Adalah Xiaomi yang sedang merancang dan mengembangkan teknologi in-display camera atau kamera di dalam layar smartphone. Ini diketahui lewat paten Xiaomi terbaru.

Menurut Gizmochina, seperti dilansir pada Senin (03/06/2019), brand asal China mengajukan paten terkait pada November 2018 lalu.

{Baca juga: Unik! Powerbank Xiaomi Ini Bentuknya Mirip Alat Makeup}

Dalam patennya, Xiaomi merancang kamera yang ditempatkan di belakang layar. Dalam deskripsi paten Xiaomi tersebut, ada dua panel layar, layar utama di bagian atas dan layar sekunder di bawahnya.

Kemudian, ada juga sensor cahaya yang bekerja pada kedua panel layar tadi. Tugasnya, untuk “menyembunyikan” kamera di layar sekunder ketika tidak digunakan, dan memunculkannya saat kamera digunakan.

Tidak dijelaskan, apakah Xiaomi segera mengimplementasi teknologi tersebut di jajaran smartphone terbarunya di tahun ini atau tidak. Jikapun tidak tahun ini, bisa jadi brand ini akan menghadirkannya pada smartphone terbaru di tahun depan.

{Baca juga: Canggih, LG Patenkan Teknologi “Layar Ponsel Speaker”}

Sebelumnya, masih soal layar, LG mendaftarkan hak paten teknologi yang bisa membuat layar ponsel menjadi pengeras suara (speaker) dan penguat suara (amplifier). Teknologi itu awalnya bernama Crystal Sound OLED Technology, tetapi kemudian berubah menjadi LG Display Speaker.

Teknologi LG Display Speaker berfungsi memperkuat suara melalui getaran permukaan layar. Getaran tersebut menghasilkan suara dari seluruh layar OLED, dan dapat membantu meningkatkan kualitas suara di perangkat berbasis mobile. (FHP)

Sumber: Gizmochina

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Segera Meluncur, Samsung Galaxy A21 Pakai Exynos 850

Telset.id, Jakarta - Samsung ngebut di tahun ini dengan merilis beberapa seri Galaxy A terbaru di 2020. Kini, giliran Samsung Galaxy...

Masyarakat Indonesia Getol Googling Soal Gejala Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Google Indonesia merilis data mengenai tren penelusuran informasi soal virus corona. Google mengatakan, masyarakat Indonesia sering...

Teleskop Penjelajah Galaksi Jadi Korban Virus Corona, Kok Bisa?

Telset.id, Jakarta - Teleskop Chili, yang menyisir langit untuk mencari jawaban tentang beberapa pertanyaan paling mendasar di alam semesta,...

Selama Corona, Game Animal Crossing Tiba-tiba Viral

Telset.id, Jakarta - Animal Crossing, game Nintendo Switch yang sedang viral di media sosial, berubah menjadi ajang virtual untuk...

Robot Tommy Bantu Italia Tangani Pasien Covid-19

Telset.id, Jakarta - Robot di Rumah Sakit Circolo di Varese, Italia telah membantu menjaga para petugas medis agar tak...
- Advertisement -