8 Cara untuk Membuat Smartphone Anda “Siap” Mudik

Telset.id, Jakarta – Smartphone seperti telah menjadi perangkat wajib di era digital seperti sekarang ini. Saking wajibnya, kapan pun dan kemana pun kita pergi, smartphone tak pernah lepas dari genggaman. Apa saja, termasuk dompet, bisa ketinggalan, tetapi tidak dengan smartphone.

Sebuah fakta menarik bahkan diungkap para peneliti dari Universitas Buffalo, Amerika Serikat. Menurut penelitian yang mereka lakukan, diketahui bahwa smartphone bahkan lebih menarik ketimbang makanan. Kok bisa?

Oke, di satu sisi memang terdengar tidak masuk akal. Bahwa seseorang bisa tahan berlama-lama tidak makan, namun berpisah sebentar dengan smartphone merasa kewalahan. Tapi di sisi lain, ini bisa dimengerti. Pasalnya, smartphone tak dimungkiri memang sangat berperan dalam kehidupan manusia. Paling tidak untuk satu dan lain hal. Dalam kondisi tertentu, katakan saja kemacetan di saat mudik, smartphone bisa menjadi solusi dari masalah.

{Baca juga: Tips Aman Menggunakan Oppo F11, Penting Buat yang Peduli Privasi}

Berbekal smartphone, para pemudik bukan saja bisa merasa terhibur atau terhindar dari rasa bosan akibat menempuh perjalanan panjang, ini juga bisa sangat membantu dalam perjalanan. Memberi petunjuk atau alternatif jalan, mungkin? Atau, menghubungi pihak berwajib saat dibutuhkan.

Nah, buat Anda yang tahun ini sedang bersiap-siap untuk kembali meramaikan mudik lebaran, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan demi membuat smartphone siap dibawa bepergian.

1. Pastikan Smartphone Siap Berjuang

Caranya bagaimana? Tentu saja dengan mengisi penuh dayanya sebelum berangkat. Anda bisa melakukan ini di malam hari sebelum keberangkatan. Lebih baik lagi jika smartphone tersebut memiliki baterai berukuran besar, dan dapat diisi penuh hanya dalam waktu singkat. Ini akan sangat menghemat waktu.

2. Pilih operator seluler yang tepat

Lonjakan lalu lintas telekomunikasi saat musim mudik dan hari Raya Idul Fitri adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Tak berlebihan, jika di satu momen kualitas layanan menurun. Ada daerah-daerah tertentu yang biasanya menjadi wilayah ‘jajahan’ operator A, pun demikian sebaliknya. Nah, tugas Anda sekarang adalah mencari tahu, operator mana yang paling berjaya di daerah Anda. Nggak mau dong, tiba-tiba terputus dari gemerlap sosial media hanya karena operator yang Anda gunakan sinyalnya kembang kempis.

3. Pilih gadget yang tepat

Dari baterai portabel hingga casing ponsel yang tahan banting, berbagai perangkat dan pendukungnya akan sangat berguna untuk meningkatkan fungsi dan melindungi ponsel Anda saat bepergian. Satu yang menjadi favorit kami adalah Oppo F11. Bukan saja nyaman digunakan, kapasitas baterai 4.000 mAh yang dibawanya sangat berguna untuk perjalanan panjang. Anda bahkan bisa merasa aman lantaran teknologi pengisian daya cepat VOOC 3.0 juga dapat mengatur tegangan tinggi sewaktu melakukan tickle charging, sehingga mempersingkat waktu pengisian secara keseluruhan hingga 20 menit. Itu artinya, Anda bahkan dapat mengisi penuh ponsel ini dalam waktu 80 menit.

4. Instal beberapa aplikasi

Ada beberapa aplikasi seluler terbukti bisa sangat berharga dalam perjalanan. Beberapa diantaranya mungkin termasuk aplikasi pemberitahuan penerbangan – siapa tahu Anda menggunakan pesawat untuk mudik, aplikasi peta, aplikasi jadwal, dan aplikasi cuaca.

5. Unduh beberapa film atau musik

Buat Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, menghabiskan waktu dengan smartphone mungkin bisa menjadi solusi untuk membunuh kebosanan. Tentu saja, dengan catatan Anda adalah navigator.

{Baca juga: 4 Tips Mudik agar Tetap Asyik dengan Smartphone}

Tapi menghabiskan waktu dengan smartphone butuh pengorbanan, salah satunya biaya data. Untuk menghindari ini, Anda dapat bisa menyiapkan terlebih dahulu beberapa unduhan besar seperti film atau beberapa lagu, sebelum perjalanan dimulai. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan WiFi.

6. Jangan lupa charger dan adapter

Di jalan, pengisi daya dan adaptor sama pentingnya dengan ponsel itu sendiri. Mengingat setelah satu atau dua hari, perangkat Anda tidak akan berguna tanpa mereka. Untuk lebih memudahkan, masukkan ini ke dalam tas jinjing berisi barang-barang penting lainnya (obat-obatan, dompet, kartu identitas, dll.). Dengan cara ini, jika koper Anda hilang, Anda tidak perlu mengunjungi salah satu penjual pulsa di jalanan, yang kemungkinan besar tidak semuanya buka.

7. Periksa ketersediaan Storage

Perjalanan panjang menuju kampung halaman biasanya terlalu sayang untuk di sia-siakan. Karenanya, mengambil satu atau dua, bahkan 10 foto untuk satu obyek bisa menjadi pekerjaan yang sangat mudah. Tanpa Anda sadar, akan kapasitas memori yang dibawa ponsel Anda. Untuk menjaga memori ponsel penuh tanda Anda sadari, periksa kapasitas storage sebelum melakukan perjalanan. Jika memang hanya sedikit tersedia, kosongnya ruang di ponsel Anda dengan mentransfer foto dan video ke komputer, hapus aplikasi yang tidak digunakan, dan bersihkan cache Internet. Jika tidak, gunakan memori eksternal.

8. Aktifkan fitur keamanan pribadi

Di sejumlah smartphone, para pembuat biasanya menyertakan fitur khusus untuk menjaga keamanan pribadi pengguna. Katakan saja Oppo F11, disini Anda akan menemui sebuah fitur bernama Private Safe, yang berguna untuk menjaga data Anda dari intipan orang lain. Bahkan teman atau keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Telkomsel Klaim Data Pelanggan Tetap Aman

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menjadi sorotan pasca hebohnya kasus kebocoran data Denny Siregar. Meredam isu tak sedap itu, operator...

Google akan Investasi Senilai Rp 145 Triliun di India

Telset.id, Jakarta  - Google akan menggelontorkan USD 10 miliar atau sekitar Rp 145 triliun untuk berinvestasi di India selama...

Mesin Waktu Virtual Ini Mirip “Pintu Kemana Saja” Doraemon

Telset.id, Jakarta  - Seorang pemuda bernama Lucas menciptakan mesin waktu virtual yang berfungsi mirip “Pintu ke Mana Saja” milik...

Kalkulator “Oprekan” Ini Jadi Impian Setiap Siswa

Telset.id, Jakarta  - Sebuah kalkulator merek Casio dimodifikasi guna mewujudkan impian semua siswa di sekolah. Betapa tidak, kalkulator tersebut...

Bos Telkomsel ‘Curhat’ Soal Keamanan Data Pelanggan

Telset.id, Jakarta - Telkomsel hari ini menggelar konfernsi pers terkait kasus kebocoran data yang dialami oleh Denny Siregar. Operator...
- Advertisement -