Mengintip 5 Fitur Tersembunyi di Smartphone Oppo F11

Telset.id, Jakarta – Oppo merupakan salah satu pabrikan yang memilih untuk menjalankan versi Android custom yang disebut ColorOS. Ada yang berbeda disini, khususnya jika dibandingkan dengan sistem operasi Google versi asli. Dan ibarat inovasi, di satu sisi bisa menjadi sangat cepat, di sisi lain sebaliknya.

Kami telah mencoba beberapa ponsel Oppo yang beredar di pasaran. Jadi boleh dibilang telah berurusan dengan banyak fitur yang ada di ponsel ini. Mulai dari yang kelihatan, sampai yang tersembunyi. Nah, buat Anda yang mungkin baru berkenalan dengan ponsel asal Tiongkok ini, berikut beberapa bocoran mengenai fitur-fitur tersebut.

Sebagai catatan, disini kami menggunakan Oppo F11 sebagai alat uji, dengan versi ColorOS terbaru.

{Baca juga: Cerita Dibalik Warna Gradasi Oppo F11, Jewerly White}

Mode diam

Tidak seperti beberapa ponsel Android lain, menurunkan volume pada perangkat Oppo tidak akan membuat ponsel Anda bergetar. Jadi jika Anda ingin membuat Oppo F11 Anda bergetar, Anda harus mengakses pusat kontrol. Anda dapat melakukan ini dengan men-swipe home screen ke bawah.

Setelah Anda menemukan pusat kontrol, tekan ikon Senyap atau Mute untuk mendapatkan getaran dari setiap notifikasi.

Kids Space Oppo

Kids Space adalah versi terkunci dari sistem operasi Oppo yang hanya memungkinkan akses ke aplikasi yang telah Anda beri otorisasi dan tidak dapat keluar tanpa PIN.

Seperti namanya, ini adalah ruang aman yang memungkinkan Anda menyerahkan ponsel kepada anak tanpa khawatir mereka secara tidak sengaja mengirim pesan berisikan bahasa planet ke seluruh daftar kontak Anda.

Selain mengunci aplikasi mana yang dapat diakses anak-anak Anda di ponsel, Kids Space juga memungkinkan Anda membatasi waktu yang dapat mereka habiskan untuk menggunakannya.

Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa pergi ke menu Setting atau Pengaturan, lalu pilih Security atau Keamanan, dan klik Kid Space.

fitur tersembunyi kid space oppo f11

{Baca Juga: Spesifikasi Oppo Find X3 Pro Bocor, Tawarkan Performa Tinggi}

“Screen-Off” Gestures

ColorOS gesture memungkinkan Anda menjalankan aplikasi atau melakukan tindakan tertentu dengan men-swipe saat ponsel dalam posisi tidur. Anda dapat mengaktifkannya dengan mengikuti instruksi ini:

Buka Pengaturan > pilih Convenience Aid > lalu ketuk Gesture & Motion > Screen-Off Gestures

Secara default, Anda dapat mengaktifkan opsi tersebut dengan melakukan beberapa langkah ini:

  • Ketuk dua kali untuk menghidupkan layar
  • Gambarlah O untuk mengakses kamera
  • Gambar V untuk menghidupkan lampu senter
  • Kontrol Musik dengan mengggambar II untuk menghentikan sementara/memutar trek atau menggambar < atau > untuk mengganti trek saat layar mati

Dan Anda juga dapat menambahkan gerakan khusus untuk menjalankan aplikasi apa pun yang Anda suka.

fitur tersembunyi Oppo "Screen-Off" GesturesOPPO Share

Jika Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang juga memiliki ponsel Oppo dan ingin berbagi gambar dan dokumen lain dengan mereka, ada fitur bernama Oppo Share yang memungkinkan Anda melakukan semua itu dengan praktis.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses pusat kontrol. Di Oppo F11, itu bisa dilakukan dengan swipe layar ke bawah.

{Baca juga: 3 Fitur Kamera Oppo F11 untuk Abadikan Momen Lebaran}

Setelah Anda menemukan pusat kontrol, tekan ikon Oppo Share untuk mengakses fitur yang dimaksud. Pastikan teman atau keluarga Anda yang memiliki perangkat Oppo melakukan hal yang sama.

Langkah berikutnya, katakan saja Anda ingin mengirim sebuah foto, masuk ke menu Photos, cari file yang ingin Anda kirim, klik kirim.

Pilih ponsel yang ingin Anda tuju. Oh ya, sebelumnya pastikan pemilik sesama Oppo telah mengaktifkan fitur serupa.

Kloning aplikasi

ColorOS memungkinkan Anda menduplikasi aplikasi tertentu sehingga Anda memiliki dua sekaligus di ponsel Anda. Tidak semua aplikasi mendukung ini, kecuali BBM, WhatsApp, Facebook, Instagram, Facebook Messenger, Line dan Skype yang kami temukan di Oppo F11.

Untuk menggunakan kloning aplikasi, buka Pengaturan dan ketuk Clone Apps. Di sini Anda akan menemukan jika ada aplikasi yang sudah Anda instal bisa dikloning atau tidak.

fitur rahasia Oppo F11 Kloning aplikasi

Itulah beberap afitur tersembunyi yang dimiliki OPpo F11. Selamat mencoba!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI