Pelanggan Wanita Pergoki Kamera Tersembunyi di Kamar Airbnb

Telset.id, Jakarta – Seorang pria di China Timur dengan sengaja memasang kamera tersembunyi di kamar tidur yang disewanya pada platform Airbnb. Namun, aksinya terungkap ketika seorang wanita yang ia jamu mengenali peralatan yang dia pasang.

Setelah menemukan kamera yang tersembunyi, wanita ini melaporkannya ke polisi. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan polisi, pria yang dikenal sebagai “Superhost” (host berpengalaman dan terkenal) ternyata telah memfilmkan tamu yang ia jamu sejak Maret.

Wanita yang dikenal di online dengan nama Yunfei, mengatakan kepada Beijing Youth Daily bahwa dia bekerja di keamanan Internet. Yunfei mengaku terbiasa untuk selalu memeriksa kamar hotel yang akan ia pakai menginap.

Yunfei mengatakan, ketika dia tiba di sebuah flat milik pria di Qingdao, Provinsi Shandong, dia melihat sesuatu yang tidak biasa.

{Baca juga: Fitur Anyar Airbnb Ramah Disabilitas}

“Saya menemukan monitor sensor gerak di pintu masuk flat dan dua di dua kamar tidur. Yang membuat aneh, flat itu belum direnovasi untuk otomatisasi rumah pintar,” katanya.

Dia kemudian memeriksa detektor asap dan televisi, yang kerap digunakan untuk menempatkan kamera tersembunyi. Ketika dia memeriksa router, yang menghadap ke tempat tidur, dia menemukan lampu yang tampak tidak biasa dan mencurigainya sebagai kamera tersembunyi.

“Saya memeriksanya dengan hati-hati dan menemukan pengaturan kabel berbeda dari yang biasa,” katanya.

Ia kemudian membandingkan router tersebut dengan gambar produk di internet dan menyadari bahwa router itu telah diubah. Kemudian ia membuka tutupnya dan menemukan kartu memori digital di dalamnya.

“Saya segera menelepon polisi setelah menemukan kartu. Mereka kemudian datang dan mengambil peralatan,” katanya.

Ia enggan kembali ke flat seharga 1.700 yuan atau sekitar Rp 3,5 juta per tiga malam itu. Dia mengaku belum bertemu tuan rumah secara langsung, namun telah berkomunikasi dengannya secara online tentang check-in dan kata sandi WiFi.

Sementara itu, Airbnb mengatakan flat pria itu telah dihapus dari platformnya setelah adanya laporan wanita ini. Pihak Airbnb juga meminta maaf kepada wanita tersebut.

Baca juga: Hati-hati, WiFi Hotel Beresiko Terdapat Malware!

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada klien dan telah menghapus flat dari daftar apartemen,” kata juru bicara Airbnb kepada Beijing Youth Daily.

Juru bicara Airbnb menambahkan, perusahaan juga telah dihubungi ketika wanita itu melapor ke polisi, dan telah mengembalikan uangnya.

Kejadian ini bukanlah yang pertama menimpa pelanggan Airbnb. Sebelumnya dikabarkan sepasang kekasih asal Inggris juga telah menemukan kamera rahasia yang disembunyikan di sebuah jam digital di sebuah kamar apartemen yang mereka sewa melalui Airbnb, di Toronto, Kanada.

Dougie Hamilton dan pacarnya mengatakan kamera tersembunyi itu diarahkan ke tempat tidur kamar yang mereka sewa. Wanita berusia 34 tahun ini menuturkan beberapa menit setelah masuk ke kamar, pandangannya tertuju pada sebuah jam digital kecil di atas meja.

{Baca juga: Duh! Pelanggan Airbnb Temukan Kamera Tersembunyi di Kamar}

Ia teringat dengan video YouTube tentang kamera ‘spy’ yang biasanya disembunyikan dalam berbagai bentuk benda. Dougie kemudian menyelidiki jam digital yang dia curigai. Ia kemudian mengambil jam itu, dari samping, menghindari bila benar ada kamera tersembunyi di jam itu. Dia merasa takut, apabila menemukan lensa kecil yang mungkin telah merekamnya.

Setelah mengambil jam itu, dia kemudian melepas pengisi daya jam dan menemukan baterai lithium di bagian belakang perangkat. Setelah melepas baterai, tampilan depan jam mati dan tampak lensa kamera.

”Kami mengalami hari yang sangat sibuk di sekitar kota dan akhirnya tiba ke Airbnb dan kami pikir kami bisa bersantai. Saya sedang berbaring di sofa dan melihat jam digital ini menghadap ke ruang tamu dan tempat tidur. Tiba-tiba muncul di pikiranku, video itu muncul di kepalaku, bayangkan jika itu adalah kamera mata-mata di jam,” katanya.

Sumber: The Star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Xiaomi Umumkan Tanggal Peluncuran Black Shark 3, Kapan?

Telset.id, Jakarta - Pasca serangkaian bocoran spesifikasi yang beredar, kali ini giliran tanggal kelahiran Black Shark 3 yang mulai...

Cara Memantau Titik Banjir di Jakarta Melalui PetaBencana.id

Telset.id, Jakarta - Banjir kembali terjadi di Jakarta pada Selasa (25/02/2020). Bagi pengguna jalan yang ingin terhindar dari genangan...

Huawei Mate Xs Resmi Meluncur dengan Kirin 990 5G

Telset.id, Jakarta - Huawei secara resmi mengumumkan smartphone lipat terbarunya, Huawei Mate Xs. Smartphone ini sendiri merupakan versi upgrade...

Berbekal Banyak Fitur Pintar, Honor Magic Earbuds Siap Saingi AirPods

Telset.id, Jakarta - Perangkat True Wireless Stereo (TWS) kian hari kian populer. Dipelopori oleh Apple, kini semakin banyak saja...

Jakarta Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Tagar #Banjir Bergema

Telset.id, Jakarta - Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya semalam suntuk sejak Senin malam (24/02/2020), mengakibatkan banjir di banyak tempat....
- Advertisement -