Rekaman Percakapan Rahasia Albert Einstein akan Dilelang

Telset.id, Jakarta – Rekaman percakapan rahasia ilmuwan Albert Einstein dilelang secara online di Heritage Auctions, Minggu (5/5/2019) waktu setempat. Rekaman itu berisi percakapan selama 33 menit antara Einstein dengan Jack dan Frances Rosenberg.

Menurut laporan Livescience, seperi dikutip Telset.id, percakapan ketiganya direkam pada 1951 lewat media piringan hitam atau vinil lama di Institute for Advanced Studies di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Temanya soal musik dan bom atom.

Dalam percakapan tersebut, diketahui Einstein berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan aksen nan kental. Berdasarkan keterangan di daftar lelang, dalam rekaman Einstein membahas tema serius meski sesekali melontarkan guyonan yang memancing tawa.

{Baca juga: Upss! Ini 5 Kesalahan Terbesar Albert Einstein}

Selama ini, Einstein memang terkenal sangat mengapresiasi musik. Dalam rekaman, ia membahas tentang Johannes Brahms, Franz Schubert, dan Ludwig Louis van Beethoven. Ia memuji komposisi musik komposer George Enescu dalam konser Violin Concerto.

Einstein mengungkapkan pula penyesalan mengenai keterlibatannya dalam membawa AS mengembangkan bom atom. Hal tersebut ia buktikan dengan keputusan berkirim surat kepada Presiden AS waktu itu, Franklin Delano Roosevelt, pada 1939.

Direktur Konsinyasi Departemen Sejarah di Heritage Auctions, Don Ackerman, menjelaskan bahwa salinan rekaman percakapan Einstein dengan dua sahabatnya sangatlah langka. Menurutnya, rekaman bersejarah itu tidak diperuntukkan masyarakat umum.

{Baca juga: Ini Jadinya Jika Albert Einstein itu Sebuah Robot}

Salinan rekaman percakapan tersebut tersimpan di musium Einstein Collection di California Institute of Technology. Penawaran lelang barang memorabel itu dibuka seharga USD 3.500 atau sekitar Rp 49 juta. Sampai kini, belum tahu siapa yang memenangkannya. [SN/HBS]

Sumber: Live Science

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI