Mantap! Sapi di Inggris Juga Menikmati Teknologi 5G

Telset.id, Jakarta – Ada banyak spekulasi tentang bagaimana 5G akan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari mobil otonom, robot pekerja, hingga waktu unduhan yang super cepat. Tapi sebelum manusia merasakan teknologi 5G, justru sapi perah sudah lebih dulu mengujinya.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Sabtu (13/04/2019), di Inggris ada sekitra 50 sapi perah  mengenakan kerah cerdas yang dapat mengendalikan sistem pemerahannya.

Teknologi ini menggunakan jaringan 5G yang merupakan bagian dari uji coba jaringan pedesaan yang dikembangkan oleh Cisco Systems Inc.

Cara kerjanya cukup mudah. Ketika seekor sapi memasuki stasiun pemerahan susu, kerahnya akan mengingatkan mesin untuk mulai memompa.

Perlu diketahui bahwa pengembangan ini merupakan bukti bagaimana jaringan 5G dapat mentransmisikan data antara sensor lebih cepat dari koneksi broadband di pedesaan.

{Baca juga: Museum Istana Pakai Jaringan 5G, untuk Apa?}

Tentu saja, melacak hewan dengan perangkat yang terhubung bukanlah hal yang baru, dan kami telah melihat banyak teknologi canggih masuk ke industri pertanian. Seperti halnya di tempat lain, 5G hanya berjanji untuk membuat aplikasi ini lebih cepat dan lebih mudah.

Sebelumnya jaringan 5G tak lama lagi akan diperkenalkan di Malaysia. Perusahaan telekomunikasi, Malaysia Celcom Axiata berencana untuk memamerkan kemampuan mobil otonomyang menggunakan jaringan 5G.

Dilansir Telset.id dari Mashable pada Senin (08/04/2019), Celcom Axiata telah lama membangun jaringan 5G di Kota Putrajaya, Malaysia. Operator terbesar di Negeri Jiran ini bekerja sama dengan pabrikan Proton yang merancang mobil otonom dengan klasifikasi Otonomi Tingkat 3.

{Baca juga: Malaysia akan Pamer Mobil Otonom dengan Jaringan 5G}

Pihak Celcom mengatakan bahwa mereka ingin mendemonstrasikan mobil otonom untuk menunjukkan keunggulan yang ditawarkan dari jaringan 5G.

Nantinya mereka juga akan memamerkan teknologi dengan memanfaatkan 5G seperti Drone, Video Holografik dan teknologi Virtual Reality (VR) dengan kualitas 4K. Pemerintah Malaysia pun mendukung rencana tersebut. [NM/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Galaxy Z Flip 5G Juga Tampil dengan Warna Mystic Bronze

Telset.id - Setelah kemarin beredar gambar Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan varian warna Mystic Bronze, kini giliran Galaxy...

Lagi, Twitter Hapus Kicauan Presiden Donald Trump

Telset.id, Jakarta - Twitter lagi-lagi hapus unggahan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Kali ini, Twitter hapus foto yang...

Google Tak Lagi Jualan Pixel 3A dan Pixel 3A XL

Telset.id, Jakarta - Duo Google Pixel 3A dan Pixel 3A XL kini sudah menjadi smartphone discontinue alias dihentikan penjualannya....

Siap-siap! Ini Tanggal Peluncuran Asus ROG Phone 3

Telset.id, Jakarta - Asus sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa akan membuka selubung ROG Phone 3 pada bulan Juli. Namun, kala...

Parah! Pegawai Starbucks Intip Payudara Pelanggan Lewat CCTV

Telset.id, Jakarta - Starbucks mendapat sorotan dari netizen Indonesia. Alasannya, beredar video oknum pegawai Starbucks yang ketahuan intip payudara...
- Advertisement -