Arkeolog Temukan “Gerai McDonalds” Zaman Romawi Purba

Telset.id, Jakarta – Para arkeolog menemukan gerai atau restoran cepat saji di bekas wilayah Pompeii. Gerai McDonalds zaman Romawi purba berusia 2.000 tahun tersebut digunakan oleh orang Romawi pada masanya. Kondisinya masih terpelihara baik.

“Penemuan Gerai McDonalds Zaman Romawi itu diketahui di bagian Regio V Pompeii,” ujar arkeolog seperti dikutip Telset dari The Guardian, Senin (1/4/2019).

Baca juga: Google Earth Temukan Situs Kuno Berumur 9.000 Tahun

Menurut informasi, orang Romawi biasa menyebut gerai makanan cepat saji ala McDonalds dan KFC di era sekarang itu dengan nama Termopolium.

Perkakas makanan cepat saji ditemukan di situs di bekas wilayah Pompeii. Para arkeolog sangat yakin bahwa di gerai tersebut diperkirakan tersedia fasilitas lengkap untuk memasak bagi penduduk miskin dan tak memiliki rumah.

Di sana terdapat pula bar makanan ringan dengan menu seperti ikan asin, roti kasar, anggur pedas, dan keju panggang. Para arkeolog juga yakin bahwa di gerai cepat saji itu tersedia berbagai minuman dan ramuan khas zaman Romawi.

Di wilayah yang sekarang tidak dibuka untuk umum tersebut kabarnya akan dilakukan penggalian secara terus-menerus. Bahkan, konon, proses penggalian di situs arkeologi Pompeii berlangsung sejak 59 tahun silam atau 1960.

Wilayah Pompeii, yang kini berada di dekat kota Napoli atau di wilayah Campania, Italia, hancur setelah gunung berapi Vesuvius meletus pada 79 Masehi. Saat kejadian itu berlangsung, banyak penduduk menjadi korban erupsi.

{Baca juga: Ngeri! Letusan Gunung Vesuvius Mendidihkan Darah dan Otak

Penelitian beberapa waktu lalu menunjukkan, letusan gunung berapi Vesuvius menciptakan hawa panas nanekstrem yang mengakibatkan tengkorak para korban meledak, darahnya mendidih, dan otot, daging, serta tulang menjadi abu. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI