Transaksi Bitcoin Ternyata Penuh Tipuan, Kok Bisa?

Telset.id, Jakarta – Harga mata uang kripto atau cryptocurrency Bitcoin sekarang anjlok drastis ketimbang masa awal peluncurannya. Meski demikian, transaksi Bitcoin dan nilainya diklaim masih sangat menguntungkan.

Buktinya, banyak orang masih menginginkan Bitcoin. Akan tetapi, menurut laporan terbaru Bitwise, tak sedikit oknum memanfaatkan popularitas Bitcoin dengan melakukan berbagai penipuan di sejumlah negara.

Bahkan, berdasarkan temuan mereka, mayoritas transaksi Bitcoin di pasaran saat ini adalah tipu muslihat. Temuan tersebut muncul sesuai hasil analisa terhadap 81 bursa kripto besar yang tersebar di seluruh dunia.

{Baca juga: Dash Text Integrasikan WhatsApp dan Telegram, untuk Apa?}

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (26/03/2019), ada laporan bahwa volume Bitcoin yang diperdagangkan mencapai USD 6 miliar atau Rp 85,1 triliun. Dari jumlah sebanyak itu, nyatanya hanya USD 273 juta atau Rp 3,8 triliun saja yang tercatat sah.

Matthew Hougan, pemimpin penelitian di Bitwise mengatakan, orang-orang melihat bahwa bursa mata uang kripto sedang kacau balau, karena data yang ada penuh dengan manipulasi, kepalsuan dan praktek tipu-tipu.

Sebelumnya, Department of Financial Services di New York, Amerika Serikat (AS) merilis izin pertama untuk ATM Bitcoin. Izin itu memungkinkan para warga memperoleh atau menjual Bitcoin di kios serupa dengan mesin ATM.

{Baca juga: Kantongi Izin, Jual Beli Bitcoin Kini Cukup Lewat ATM}

Izin diberikan kepada Coinsource, operator ATM Bitcoin. Operator tersebut sudah memiliki sekitar 40 kios di New York. Nantinya, masyarakat cukup melakukan transaksi mata uang kripto menggunakan ponsel.

Kios Coinsource telah tersebar di sepanjang New York, Westchester, dan Nassau Counties. Setelah membeli via mesin ATM, uang digital tersebut bisa disimpan di dalam dompet digital. Warga pun bisa menggunakan mesin itu untuk menjual Bitcoin. Caranya semudah memindai atau scan dompet seluler di kios. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Usung Teknologi Ai, Acmic Minimax Isi Baterai 4.5 Kali Lebih Cepat

Telset.id, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu menghadirkan power bank super stylish untuk kalangan hyperbeast, kini local brand untuk produk...

ACMIC MINIMAX, Power Bank Pintar dengan Teknologi AI

Telset.id, Jakarta  – Produsen power bank Acmic menghadirkan teknologi kecerdasan buatan, AI Charge pada produk terbarunya Acmic Minimax. Teknologi...

Review Poco F2 Pro: Performa Gahar, Fitur Lebih Komplit

Telset.id - Xiaomi tiba-tiba memberikan kejutan saat menghadirkan Redmi 9 di Indonesia. Di acara itu, Xiaomi tanpa diduga mengumumkan...

Peneliti Ciptakan “Joystick Mulut” untuk Penyandang Disabilitas

Telset.id, Jakarta – Insinyur dari Köln International School of Design, Jerman, menciptakan “joystick" berbasis mulut yang memungkinkan orang penyandang...

Apple Ingin Ubah iPhone jadi Mesin Kasir Canggih

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya ingin mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran, seperti sebuah mesin kasir canggih untuk toko ritel....
- Advertisement -