Ma’aruf Amin Sebut Tol Langit, Rudiantara: Biar Mudah Diingat

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Rudiantara berkomentar soal istilah Tol Langit yang disampaikan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma’aruf Amin di Debat Pilpres 2019. Dirinya menilai istilah tersebut merujuk pada infrastruktur jaringan telekomunikasi dan biar mudah diingat.

Rudiantara mengatakan bahwa Ma’aruf Amin sebenarnya sudah pernah mengatakan hal tersebut (Tol Langit) pada pertengahan Februari 2019 lalu.

“Saya cek juga Tol Langit itu semacam kombinasi antara Palapa Ring dan juga jaringan yang sudah dibangun oleh operator serta satelit kita nanti yang tahun 2022 yang high throughput satelite,” jelas Rudiantara di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Senin (18/03/2019).

“Semuanya itu memberikan “jalan tol” untuk informasi, makanya dipakai istilah Tol Langit biar gampang diinget,” kata Menkominfo.

{Baca juga: Ma’ruf Amin Janji Ciptakan 3500 Startup, Apa Kata Menkominfo?}

Dia juga menilai jika Ma’ruf Amin adalah sosok yang pandai menciptakan istilah populer dan mengutamakan pendekatan pasar. Dirinya merujuk pada saat Ma’aruf masih menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Inget gak waktu MUI membuat fatwa MUI bagaimana umat islam harus memanfaatkan media sosial? Kan terlalu panjang. Ya udah dibikin muamalah medsosiah, kan gampang gitu. Jadi intinya begitu tol langit,” tambah Rudiantara.

Sebenarnya Rudiantara juga pernah mengucapkan istilah Tol Langit. Istilah ini muncul dari wacana Menkominfo yang ingin pemerataan akses internet di seluruh Indonesia.

“Kalau Palapa Ring ini sudah selesai dibangun, istilahnya jalan tol-nya, berarti jalan masuknya lebih mudah karena yang mahal itu jalan tol,” ujarnya.

“Bagaimana membangun di dalamnya, itu ada beberapa cara, salah satunya operator akan membangun aksesnya yaitu Base Transceiver Station (BTS),” tambah Rudiantara.

{Baca juga: Unik, Begini Cara Rudiantara Uji Coba Palapa Ring Paket Tengah}

Perlu diketahui istilah Tol Langit menjadi perbincangan hangat setelah acara Debat Cawapres semalam. di Hotel Sultan pada Minggu (17/03/2019). Ketika itu, Ma’aruf Amin awalnya mengatakan ingin memaksimalkan infrastruktur yang ada seperti infrastuktur langit, dan kata itu sontak melahirkan istilah Tol Langit.

“Kebetulan pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit, melalui Palapa Ring, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha startup, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn,” ucap calon presiden pendamping Jokowi itu. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Biar Mata Nyaman, Ini Cara Aktifkan Blue Light Filter di Windows 10

Telset.id - Microsoft memberikan serangkaian fitur pada Windows 10. Salah satunya adalah Blue Light Filter.Mungkin ada yang belum tahu...

Peneliti NASA Yakin Lautan di Europa Jupiter Bisa Dihuni Manusia

Telset.id, Jakarta - Peneliti JPL NASA dan penulis utama studi, Mohit Melwani Daswani, menyebut bahwa lautan di bulan Europa...

Gara-gara Covid-19, Peluncuran iPhone 12 Terancam Mundur

Telset.id, Jakarta - Desas-desus terbaru menyebut bahwa peluncuran iPhone 12 tertunda lagi. Menurut laporan Ubergizmo, penundaan produksi iPhone 12...

Huawei Nova 7 Dipastikan Segera Meluncur Resmi di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah merilis P40 Series beberapa waktu lalu, Huawei memastikan akan meluncurkan seri Nova terbaru ke Tanah...

[VIDEO] Unboxing Lenovo Legion Gaming Phone Sebelum Peluncuran

Telset.id, Jakarta - HP gaming terbaru, Lenovo Legion Gaming Phone bersiap untuk diperkenalkan secara resmi. Menjelang peluncuran, Lenovo memamerkan video...
- Advertisement -