Rudiantara Rayu Singapura Investasi di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Rudiantara merayu para pengusaha dari negara-negara tetangga di kawasan ASEAN, khususnya Singapura, untuk segera berinvestasi di Indonesia, khususnya di bidang ekonomi digital.

Hal ini dikemukakan Rudiantara dalam ajang Regional Investment Forum (RIF) 2019 di ICE, BSD, Tanggerang Senin (11/03/2019) kemarin. Ia menganjurkan mereka untuk segera berinvestasi supaya, tidak kehilangan peluang dan kereta.

“Silakan, jadilah tamu kami. Segera berinvestasi di Indonesia. Jika tidak, Anda akan kehilangan peluang. Maybe it is the last train for investment,” kata Rudiantara di hadapan para pengusaha.

Bukan tanpa alasan, menurut Menkominfo, saat ini Indonesia memiliki potensi besar terutama dalam bidang ekonomi digital. Bahkan ia menyampaikan optimistismenya akan tercapainya market size Indonesia lebih dari USD $ 150 miliar atau Rp 2134 triliun pada tahun 2025.

{Baca juga: Rudiantara: Pemerintah Siap Dukung Kandidat Unicorn ke-5}

“Hasil riset Google dan Temasek menyatakan Indonesia memiliki market size ekonomi digital mencapai USD 27 miliar dan berpotensi menjadi USD 100 miliar pada tahun 2025. Sekarang saja sudah mencapai USD 70 miliar, saya optimistis akan bisa tercapai USD 100 miliar pada tahun 2020,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, perusahaan seperti Google pun sudah melakukan investasi di Indonesia. Saat ini Google banyak berinvestasi di Go-Jek, tetapi masih terbuka peluang investasi bagi pengusaha Singapura di bidang turisme atau pariwisata.

“Tahun lalu berdasarkan data Persatuan Hotel Republik Indonesia, ada sekitar USD 100 juta yang berputar di area turisme. sekitar USD 6 juta sampai USD 7 juta ada di hotel berbintang. Belum lagi hotel melati yang menyewanya pun melalui aplikasi digital,” paparnya.

{Baca juga: Investasi Asing di Unicorn, Rudiantara: Yang Untung Masyarakat}

Kominfo sendiri tengah berupaya menyediakan akses internet cepat yang merata ke seluruh kabupaten di seluruh Indonesia melalui jaringan Palapa Ring.

“Palapa Ring dibangun untuk menyatukan kabupaten dan kota dengan jaringan backbone internet cepat. Integrasi semua pada pertengahan tahun ini. Kemudian kita juga membangun talenta digital untuk memperkuat ekosistem,” ungkap Rudiantara.

Terakhir Rudiantara mengajak investor dari negara ASEAN untuk cepat membangun ASEAN. Ia mengingatkan pendiri ASEAN yang menginginkan negara-negara di kawasan ini saling melengkapi agar bisa membuat ekonomi regional meningkat.

{Baca juga: Rudiantara: Forward Pesan WhatsApp Dibatasi untuk Redam Hoaks}

“Jika bukan kita yang mengembangkan, nanti pasti akan ada negara luar yang akan masuk. Oleh karena itu kita harus terbuka dan complymentary one another,” ajak sang menteri yang kerap disapa Chief RA itu. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Benarkah Tabrakan Galaksi Pacu Pembentukan Tata Surya?

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan mengemukakan bahwa peristiwa tabrakan dalam skala kolosal berupa jatuhnya dua galaksi kemungkinan telah membuka...

Rekomendasi 10 Aplikasi Karaoke Terbaik Android 2020

Telset.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak tempat karaoke ditutup sementara. Tetapi bagi Anda yang hobi bernyanyi atau karaoke...

China Siap Balas Kanada Menyoal Putusan Ekstradisi Bos Huawei

Telset.id, Jakarta - Putusan pengadilan yang mengizinkan ekstradisi bos Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/5/2020)...

Muncul di Kelas Zoom Anaknya Sambil Telanjang, Ibu Ini Ngakak

Telset.id, Jakarta  - Seorang ibu tiga anak asal Jacksonville, Florida, AS, Ashley Foret Smith, secara tidak sengaja membuat penampakan...

Benarkah iPhone 12 Bakal Hadir dengan Warna Navy Blue?

Telset.id, Jakarta - Apple disebut-sebut akan menghilangkan warna Midnight Green di iPhone 12, untuk kemudian diganti dengan Navy Blue....
- Advertisement -