Sempat Ngumpet, Spotify Akhirnya Kembalikan Opsi Repeat

Telset.id, Jakarta – Spotify sebelumnya melakukan eksperimen terkait perubahan desain. Hal itu dikeluhkan pengguna, lantaran dianggap mempersulit akses fungsi Repeat untuk lagu yang tersedia di aplikasi. Betapa tidak, fitur ini dihapuskan dari tampilan depan menu Now Playing, dan sebagai gantinya ditempatkan pada menu Home baru yang diwakili oleh ikon tiga titik di sudut kanan atas.

Namun, dilaporkan Gizmodo, tak lama setelah pengguna mengeluhkan kesulitan tersebut di media sosial dan halaman situs Community Spotify, aplikasi ini kembali mendapatkan update.

Update yang dirilis Spotify ini mengubah tampilan halaman depan Spotify kembali menjadi seperti sebelumnya. Opsi Repeat ini dapat diakses dengan mudah di posisi yang sudah diketahui pengguna, yaitu di sebelah kanan ikon kendali pemutaran lagu standar, beserta tombol fungsi acak di sebelah kini.

{Baca juga: Spotify Bakal Blokir Pengguna yang Pakai Ad Blocker}

Mengetuk tombol Repeat sebanyak satu kali akan mengaplikasikan fungsi fitur ke playlist atau album yang sedang pengguna dengarkan, sedangkan mengulangi opsi Repeat ini akan membantu pengguna memutar satu lagu secara terus-menerus.

Perubahan menyoal fungsi Repeat ini menjadi perubahan terbesar yang membekali update terkini Spotify, meski bukan satu-satunya hal baru yang disuguhkan penyedia layanan musik streaming itu untuk aplikasi versi Android dan iOS karyanya.

Perubahan lain hadir di sebelah kiri daftar musisi dan judul lagu, yang kini didukung oleh tombol hati. Kehadiran tombol yang telah lama diminta oleh pengguna ini akan memudahkan pengguna untuk menyimpan lagu sebagai lagu kesukaan.

{Baca juga: Pengguna Spotify Premium Bertambah, Berapa Banyak Sih?}

Sebelumnya, fungsi ini hanya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan stasiun radio dan playlist yang telah dikurasi Spotify. Namun, update Spotify ini digulirkan secara bertahap sehingga pengguna harus bersabar menunggu hingga update tiba di perangkat.

Sementara itu, Spotify secara diam-diam meluncurkan layanannya di India. Terlepas dari tuntutan hukum yang didapatnya dari Warner Music Group yang saat ini mencegah seniman besarnya untuk merilis lagu mereka di layanan tersebut.

Sejumlah masyarakat di India menyebut mereka telah dapat mengunduh aplikasi ini di perangkat Android dan mendaftarkan akun, meski Spotify tidak secara formal mengumumkan ketersediaan layanan ini. [BA/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI