Wow.. Ada Robot ‘Khotbah’ Ajaran Buddha di Kuil Kyoto

Telset.id, Jakarta – Ada yang unik dari sebuah kuil Kyoto di Jepang. Bagaimana tidak, ada robot bernama Robot Mindar yang akan hadir untuk menyampaikan ajaran Buddha di Kuil Kodaiji pada bulan Maret mendatang.

Dikutip dari Ubergizmo pada Jumat (01/03/2019), robot Mindar yang juga dijuluki Android Kannon ini memiliki tampilan layaknya dewa rahmat Buddha. Dia memiliki kepala dan posisi kedua tangannya saling menggenggam seperti sedang berdoa.

Robot Mindar telah diprogram untuk menyampaikan khotbah dari Ajaran Sutra Hati dalam bahasa Jepang. Ia juga akan memproyeksikan versi terjemahan dalam bahasa Inggris dan Cina didalam layar.

{Baca juga: Bikin Masalah, Ratusan Robot Kena PHK di Jepang}

Selain berkhotbah, robot Mindar dapat menggerakkan lengan, dada, dan kepalanya yang memiliki bagian mekanis yang tembus pandang.

Robot itu memiliki tinggi 1,95 meter dan berat 59 kilogram. Sebuah kamera video dipasang di mata kiri, yang memungkinkannya untuk fokus pada subyeknya dan memberikan kesan adanya “kontak mata” pada saat ia memberikan khotbah.

Perlu diketahui bahwa pembuatan robot ini bukan proyek murah. Perlu biaya 100 juta yen atau Rp 12,6 miliar untuk membangun robot tersebut. Itu adalah upaya kolaborasi antara pihak Kuil Zen di Kyoto dan Hiroshi Ishiguro yang merupakan profesor robotika cerdas di Universitas Osaka, Jepang.

Seorang pendeta Buddha, Tensho Goto pun berharap agar kehadiran Mindar dapat menyebarkan ajaran Buddha lebih luas lagi ke masyarakat. “Kami berharap bahwa Android Kannon akan membantu ajaran-ajaran Buddha menjangkau hati orang-orang saat ini,” ujar Tensho.

“Kami berharap Android Kannon akan membantu ajaran Buddha menjangkau hati orang-orang saat ini. Kami ingin banyak orang datang dan melihat robot dan memikirkan esensi agama Buddha,” tambahnya.

Kehadiran robot Buddha ini menambah daftar inovasi robot yang berada di negeri sakura tersebut. Sebuah robot polisi (robot cop) yang dapat menertibkan pembuat onar akan mulai dioperasikan untuk mengatur jalanan pada saat pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

{Baca juga: Jepang Siapkan Robot Polisi untuk Amankan Olimpiade 2020}

Dilaporkan The Sun, robot bernama Perseusbot ini merupakan robot berteknologi tinggi yang dapat mendeteksi paket mencurigakan. Tak hanya itu, robot polisi ini bahkan sangat cerdas karena dapat memprediksi kapan pembuat onar akan melakukan pelemparan atau membuat keonaran.

Robot yang namanya diambil dari nama seorang pahlawan legendaris dalam mitologi Yunani, Perseus ini juga dapat membaca perubahan gerakan dalam sebuah kerumunan. Misalnya, seperti gelombang masa yang datang atau orang yang melarikan diri dari bahaya. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI