Facebook akan Punya Fitur Baru ‘Clear History’

Telset.id, Jakarta – Facebook akan meluncurkan fitur privasi bernama Clear History pada akhir 2019. Fitur tersebut bisa untuk menghapus informasi pengguna yang dihimpun Facebook dari aplikasi dan situs pihak ketiga.

Facebook memang pernah berjanji menghadirkan Clear History sejak Mei 2018 lalu sebelum ajang konferensi pengembang F8.

Saat  itu, fitur Clear History masih berupa wacana, dirancang Facebook untuk mengembalikan kepercayaan pengguna yang hilang.

Pada ajang tersebut, CEO Facebook Mark Zuckerberg menggambarkan cara kerjanya yang serupa dengan menu riwayat di peramban. Zuckerberg menjelaskan bahwa idenya berasal dari banyak situs yang membutuhkan cookies untuk dapat bekerja.

{Baca juga: Facebook Punya Fitur Lacak Lokasi untuk Pengguna Android}

Namun, lanjut Zuckerberg, pengguna masih dapat menghapus riwayat kapan saja sesuai keinginan. Menurut laporan The Verge, cara kerja serupa disebut Zuckerberg coba diwujudkan dalam bentuk Clear History di Facebook.

Alat Clear History dijelaskan Zuckerberg akan menjadi alat kendali sederhana untuk membersihkan riwayat penelusuran di Facebook.Pengguna akan dapat membersihkan catatan dari menu yang telah pengguna klik, situs yang telah disambangi, dan sebagainya.

Selain itu, alat ini disebut Zuckerberg sebagai langkah yang dilakukan perusahaannya untuk memperbaiki citra akibat insiden privasi data Cambridge Analytica. Sayangnya hingga saat ini belum tersedia informasi mengenai tampilan dari alat ini, ataupun cara kerja alat secara lebih detail.

{Baca juga: Belum Kapok, Facebook Salahgunakan Data Pribadi Pengguna}

Berdasarkan informasi dari pelacak dan alat analisis milik Facebook, perusahaan salah satu jejaring sosial terbesar ini telah menghimpun informasi terkait aktivitas pengguna di dalam ataupun di luar situsnya, dalam jumlah besar.

Sehingga alat serupa Clear History disebut The Verge akan memiliki dampak penting pada kemampuan Facebook dalam menargetkan iklan dan menghasilkan pendapatan jika cukup banyak pengguna yang secara aktif menghapus informasi koleksi Facebook terkait aktivitas online mereka. [BA/HBS]

Sumber: The Verge

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI