Minecraft Mobile Raup Pendapatan Rp 1,5 Triliun

Telset.id, Jakarta –  Di tahun 2018 lalu, game Minecraft Mobile berhasil mengantongi pendapatan sebanyak $ 110 juta atau Rp 1,5 triliun. Itu artinya, pendapatan yang diraup dari game milik Microsoft itu meningkat sekitar 7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan dari perusahaan analisis pasar Sensor Tower, pada 2017 lalu Minecraft Mobile berhasil mengumpulkan pundi-pundi sebanyak $103 juta atau Rp 1,4 triliun.

Dilansir Telset dari VentureBeat Februari 2019 Lalu, jika diakumulasikan sejak tahun 2014 memang game mobile untuk iOS dan Android itu selalu menerima pendapatan yang sangat tinggi.

Buktinya jika diakumulasikan sejak tahun 2014 hingga 2018 game ini telah menghasilkan pendapatan hingga mencapai hampir $ 500 juta atau setara Rp 7 triliun.

{Baca juga: 7 Game ‘Mirip’ Minecraft yang Layak Dicoba}

Selain jumlah pendapatan di tahun lalu, Sensor Tower juga melaporkan terkait tren pengguna, dimana pemain dari Amerika Serikat (AS) berada di urutan pertama sekitar 48%. Sedangkan di urutan kedua ada dari Inggris dengan presentasi 6,6,% dan disusul Jepang dengan 5%.

Minecraft Game Terpopuler

Minecraft telah menjadi salah satu game paling populer sepanjang masa sejak diluncurkan untuk Personal Computer pada tahun 2011. Minecraft telah dirilis untuk hampir semua platform, termasuk ponsel dan konsol.

Minecraft pertama kali dibuat pada 2011 silam oleh  Markus ‘Notch’ Persson. Kemudian pada 2014, Microsoft membelinya senilai USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 32,06 triliun, dan mengembangkannya bersama tim Microsoft. Namun, Markus memutuskan tak ikut ke dalam tim tersebut.

Minecraft Mobile
Minecraft Pocket Edition (Blog Windows)

{Baca juga: Minecraft Masih Jadi Game Terpopuler di Dunia}

Alasan dibalik masih populernya Minecraft dikarenakan banyak hal. Yang pertama adalah dukungan pembaharuan yang sudah berlangsung selama hampir 7 tahun.

Selain itu, Minecraft juga mendukung permainan di berbagai platform, seperti komputer, Xbox, PS4, Nintendo Switch, bahkan hingga ke plartform Android.

Industri game sendiri saat ini sedang tumbuh pesat, dengan banyaknya muncul game-game baru yang sukses di pasaran. Alhasil, banyak perusahaan game yang meraup untung besar di tahun 2018 lalu. Salah satunya yang menjadi jawara di 2018 lalu adalah game Fortnite, untuk kategori game gratis.

Menurut analisis dari perusahaan riset pasar SuperData, game buatan Epic Games tersebut meraup pendapatan tertinggi sebanyak $ 2,4 miliar atau setara Rp 33,7 triliun. SuperData telah merilis daftar 10 game gratis yang mendapat penghasilan terbesar di sepanjang tahun 2018.

{Baca juga: Raup Rp 33,7 Triliun, Fortnite Kuasai Industri Game 2018}

Selain Fortnite yang berada di urutan pertama, ada juga game Dungeon Fighter Online buatan Nexon dengan pendapatan $ 1,5 miliar atau Rp 21 triliun, dan League of Legends buatan Riot Games dan Tencent’s yang berada di posisi ketiga dengan pendapatan $ 1,4 miliar atau Rp 19,6 triliun. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI