Mau Depak Intel, Apple “Gercep” Bikin Chip Modem Sendiri

Telset.id, Jakarta – Apple dilaporkan merekrut pegawai baru untuk mengembangkan proyek ambisius, dengan tujuan dapat mengurangi ketergantungan pada perusahaan pembuat chip modem, seperti Intel. Keseriusan Apple untuk lepas ketergantungan dari Intel sudah terindikasi, setelah mereka melakukan perubahan organisasi.

Dikutip Telset.id dari phoneArena, Jumat (08/02/2019), narasumber terpercaya di lingkungan industri perusahaan menyebutkan bahwa Johny Srouji ditunjuk untuk menggantikan Ruben Caballero, sebagai yang bertanggung jawab atas pengembangan chip modem.

Srouji sendiri merupakan Senior Vice President di divisi Hardware Technology Apple. Dia akan melaporkan perkembangan secara langsung kepada sang bos, Tim Cook.

{Baca juga: Mirip Laptop, Ini Wujud Smartphone Lipat Karya Intel}

Sementara itu, Caballero kembali ke posisi semula, yaitu Vice President Wireless System Design Engineering Group.

Secara garis besar, raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini benar-benar serius menggarap proyek ini. Walaupun demikian, informasi terkait jadwal peluncuran perangkat dengan chip modem pertama buatannya masih belum tersedia.

Setelah bertahun-tahun bekerja sama, mereka telah memutuskan untuk menuntut Qualcomm dan mulai menggunakan modem buatan Intel. Intel diperkirakan akan menyediakan chip modem untuk iPhone 5G generasi pertama yang akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.

{Baca juga: Apple Ancam Tendang Aplikasi yang Rekam Aktivitas Pengguna}

Mulai tahun 2021, perusahaan ini tidak akan lagi membutuhkan pemasok eksternal untuk merancang modem berkecepatan tinggi untuk iPhone. Mereka seolah tidak ingin ketinggalan oleh “pesaing abadi”, yakni Samsung yang juga tengah mempersiapkan diri untuk merambah ranah smartphone 5G.

Tindakan yang dilakukan dalam waktu singkat ini dinilai sebagai langkah besar. Sebab, perusahaan itu pasti akan membutuhkan investasi dan biaya pengembangan sebesar ratusan juta dollar per tahunnya.

Apabila upayanya ini berhasil, mereka akan dapat menghemat miliaran dollar per tahunnya, yang merupakan biaya yang biasanya dibayarkan kepada Qualcomm dan Intel.

{Baca juga: Galau, Apple Akui Qualcomm Partner Terbaik}

Manfaat lain dari pembuatan chip modem sendiri dengan prosesor seri A adalah desain ukuran chip yang lebih kecil, lebih efisien daya, dan terkemas dalam satu kemasan silikon. Namun kemungkinan, Apple tidak akan bisa merealisasikan rencananya dalam waktu dekat. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI