Mirip Netflix, App Store Bakal Bisa Langganan Game?

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya sedang dalam proses membuat layanan berlangganan game di App Store. Sumber berita Cheddar menjelaskan bahwa layanan berlangganan game di toko aplikasi Apple ini mirip Netflix.

Menurut Cheddar, seperti dikutip Telset.id dari TechCrunch, Selasa (29/1/2019), ada lima narasumber yang menjelaskan bahwa Apple telah melakukan diskusi untuk fitur itu sejak tengah tahun lalu.

Sayang, belum ada informasi lebih detail mengenai bocoran informasi tersebut. Tak ada penjelasan tentang harga langganan, jenis, maupun jumlah permainan yang akan tersedia di toko aplikasi Apple tersebut.

Sumber menyatakan bahwa pengembangan layanan berlangganan game milik Apple masih dalam tahap awal. Artinya, ada kememungkinkan Apple akan membatalkan pengembangannya dalam waktu dekat.

Baru-baru ini tersebar informasi bahwa beberapa game di toko aplikasi Apple menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna. Sebab, game tersebut diketahui terhubung dengan server malware Golduck.

{Baca juga: Awas! Game di App Store Terhubung ke Server ‘Malware Golduck’}

Beberapa aktivitas pernainan yang meragukan cukup menarik perhatian perusahaan keamanan digital Wandera. Sebagian besar merupakan game klasik atau retro yang berkomunikasi dengan server.

Golduck pertama kali ditemukan pada 2017 di Google Play Store dan digunakan untuk menginstal perangkat lunak ponsel pengguna. Perangkat lunak akan mengirim SMS untuk menghasilkan pendapatan.

Tidak ada kesalahan terdeteksi di game App Store. Server yang masuk daftar hitam hanya digunakan untuk menampilkan iklan yang berbeda. Para ahli menyatakan iklan tersebut bisa diubah kapan pun.

Para peneliti memperhatikan permainan mengirimkan IP informasi lain yang tidak biasa soal perangkat. Saat mencoba menjangkau penerbit game, ditemukan informasi yang membuat bingung.

Di sana terdapat penjelasan bahwa informasi yang disedikan di App Store mengarah ke jalan buntu dan website tidak bisa ditemukan. Demikian pernyataan seperti diberitakan oleh Phone Arena.

{Baca juga: Aplikasi Jahat Masuk App Store Tipu Pengguna iPhone}

Apple diberitahu tentang game yang mencurigakan tersebut dan saat ini tidak ada yang muncul saat dicari di App Store. Potensi bahaya pun muncul di ekosistem Apple yang terkenal sangat ketat.

Selama ini, Apple memiliki rekam jejak yang cukup baik dalam segi keamanan software yang ditawarkan. Faktanya, banyak laporan yang mengklaim soal ancaman malware di perangkat Apple. [SN/HBS]

Sumber: Techcrunch

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI