Apple Music Kini (Baru) Bisa Diakses via Tablet

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya telah tuntas melakukan pembaruan aplikasi Apple Music untuk Android ke versi 2.7. Pembaruan tersebut otomatis membuat Apple Music bisa dipasang untuk pengguna perangkat tablet.

Namun, keputusan Apple itu mengundang tanda tanya. Sebab, saat ini, pengguna tablet sudah sangat jarang. Lebih-lebih, sebenarnya Apple Music untuk perangkat Android sudah hadir sejak 2015 silam.

“Sekarang, Anda bisa menikmati Apple Music di berbagai perangkat Android, termasuk tablet. Pembaruan yang kami lakukan mencakup berbagai peningkatan performa aplikasi,” demikian tertulis dalam pemberitahuan Apple Music.

Lewat kehadiran fitur tersebut, dikutip Telset.id dari 9to5mac, Senin (28/1/2019), pengguna tablet Android sekarang lebih leluasa dalam mengakses bagian-bagian berbeda di Apple Music. Di bagian bawahnya terdapat deretan tombol navigasi.

{Baca juga: Apple Music Bakal Terintegrasi Android Auto}

Pengguna bisa memilih aneka opsi, mulai Library, For You, Browse, hingga Radio. Namun, desain aplikasi untuk tablet memang tak cukup hanya memperbesar tampilan. Di tablet, pengguna tak bisa merancang antarmuka seperti di laptop.

Beberapa waktu lalu, Apple mengambil keputusan aneh terkait Apple Music. Apple memutuskan untuk menghadirkan Apple Music di Amazon Echo, speaker pintar dengan asisten suara berbasis kecerdasan buatan atau AI, yakni Alexa.

Langkah yang tidak biasa itu jadi memungkinkan asisten suara pihak ketiga seperti Alexa dapat mengontrol layanan Apple Music. Padahal, selama ini, layanan Apple hanya dapat digunakan di ekosistem perangkat milik sendiri.

Seperti diketahui, selama ini Apple telah mempertahankan layanan dan kemampuan software mereka seperti Apple Music, agar hanya dapat digunakan di ekosistem hardware Apple saja.

{Baca juga: Aneh, Apple Izinkan Apple Music di Amazon Echo}

Misalnya, pengguna dapat memutar musik Spotify dari iPhone ke speaker Apple HomePod menggunakan AirPlay. Namun, mereka tetap tidak dapat memerintah Siri untuk mengontrol Spotify, karena Siri hanya diizinkan untuk dapat mengontrol Apple Music saja.

Apple Music juga memang dapat diputar melalui speakerpintar Google Home. Namun hanya sebatas speaker wireless saja, yang memutar musik melalui koneksi Bluetooth, tanpa bisa mengontrolnya. [SN/HBS]

Sumber: 9to5mac

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI