Selain Suara, Google Assistant Bisa Pindah Wajah Pengguna

Telset.id, Jakarta – Google sedang meningkatkan kemampuan Google Assistant. Kabarnya, Google tengah memperbaiki sistem pemindai pada asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI) ini, supaya bisa melakukan pencocokan guna mendapatkan hasil yang dipersonalisasi.

Nantinya, selain pencocokan suara, Assistant dalam versi Beta untuk perangkat berbasis Android juga mampu mengenali wajah pengguna.

Hal ini terungkap melalui referensi kode ke fitur bernama Fcace Match, fitur baru yang bakal berfungsi memindai wajah pengguna.

{Baca juga: Google Assistant Bisa Identifikasi Percakapan Telepon}

Menurut laporan Engadget, seperti dikutip Telset.id pada Senin (28/01/2019), memanfaatkan sistem baru dengan pemindai, pengguna tinggal memberi perintah suara kepada asisten Google melalui perangkat yang telah dilengkapi kamera.

Sayang, sampai sekarang belum ada deskripsi lengkap mengenai ketentuan pengguna harus terlebih dahulu melatih sistem baru di Google Assistant atau tidak. Demikian halnya dengan kewajiban pengguna menambahkan beberapa perangkat.

Informasi menyebut, profil wajah pengguna yang dipindai oleh sistem anyar Assistant tidak akan terbatas kepada satu perangkat. Pengguna bahkan bisa mengundang orang lain untuk membuat profil lewat perangkat yang sama.

Pada ajang CES 2019, belum lama ini, Google juga mengumumkan sejumlah fitur baru untuk Google Assistant. Satu di antaranya fitur yang memungkinkan Google Assistant di perangkat Android dan iOS bisa terhubung dengan Google Maps.

{Baca juga: Terhubung ke Google Maps, Apa yang Bisa Dilakukan Google Assistant?}

Menurut TechCrunch, pengguna Google Maps bakal bisa menggunakan Google Assistant dengan suara untuk menjawab pesan teks, memutar musik atau podcast, dan berbagi informasi terkait waktu tiba dengan rekan maupun keluarga.

Google juga menyebut bahwa pengguna bisa mencari lokasi yang akan dilalui selama perjalanan dan menambahkannya sebagai titik pemberhentian sementara. Dengan integrasi dengan Google Maps, pengguna bisa mengandalkan Google Assistant.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan kegiatan tanpa mengalihkan pandangan dari jalan. Di perangkat Android, Google Assistant bisa terintegrasi dengan aplikasi pesan instan, seperti SMS, WhatsApp, Messenger, dan Android Messages. (SN/FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI