Chatbot Ini Bantu Orang Tua Ajarkan Seputar Kesehatan Seks

Telset.id, Jakarta – Sebuah chatbot bernama Roo bisa dibilang menjadi solusi tepat bagi orang tua yang kerap merasa canggung dan kaget ketika mendapatkan pertanyaan aneh dari anak-anak mereka, seperti seputar kesehatan seks remaja.

Chatbot buatan Planned Parenthood dan agen produk digital, Work & Co ini mampu menjawab seluruh pertanyaan dari anak-anak, termasuk seputar masalah kesehatan seks remaja.

Dilansir Telset.id dari New York Post, Senin (28/01/2019), Roo diklaim dapat menjawab pertanyaan tentang infeksi menular seksual, hubungan, dan masalah seksual lainnya.

{Baca juga: Harmony, Robot Seks yang Jago Mendesah}

Program tersebut bersifat anonim dan terbuka untuk pengguna dari segala usia, meski secara khusus dirancang bagi pengguna usia 13 hingga 17 tahun.

Roo juga dapat menjawab pertanyaan yang dikirimkan pengguna ke nomor 22422 selama 24 jam penuh. Jawaban akan dibalas dalam hitungan detik saja.

Sang developer mengatakan, mereka telah meminta para remaja di SMA MESA (Math, Engineering and Science Academy) di Bushwick, Amerika Serikat untuk memberikan feedback soal Roo. Kebanyakan dari mereka, mendapatkan informasi langsung dan akurat kepada kaum muda.

{Baca juga: Facebook “Haramkan” Ngomong Soal Seks}

“Dikembangkan bersama dengan remaja, ini merupakan cara lain Planned Parenthood untuk memperluas kiriman, informasi langsung dan akurat kepada kaum muda,” kata Presiden Federasi Plent Parenthood of America dari Amerika, Leana Wen dalam sebuah pernyataan.

Bot ini didukung oleh teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), yang berarti ia akan belajar secara otomatis tentang kebutuhan seksual manusia, dan mampu mengatasi pertanyaan seputar kesehatan seksual.

Planned Parenthood juga menawarkan obrolan anonim lain yang dapat menjawab seputar pertanyaan mengenai kesehatan. Layanan ini  tersedia secara online dengan mengetik PPNOW ke PPINFO (774636). Obrolan ini dianggap efektif untuk meningkatkan akses ke perawatan kesehatan seksual dan reproduksi di kalangan kaum muda.

{Baca juga: Scoot, Maskapai Pertama di Asia yang Gunakan Chatbot untuk Transaksi}

“Kami tahu bahwa banyak anak muda merasa canggung saat mengajukan pertanyaan tentang kesehatan seksual,” kata Leana Wen dari Planned Parenthood.

“Sangat penting bagi anak-anak kita untuk mendapat jawaban yang dapat dipercaya dan dapat mereka percayai,” imbuhnya. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Susah “Move On”, Huawei Ingin Balikan dengan Google

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya masih memendam keinginan untuk dapat kembali menggunakan lisensi Google...

Bukan Ponsel Flagship, LG G Series akan Ganti Nama

Telset.id, Jakarta - LG G series sejatinya smartphone yang menjadi andalan LG. Namun menurut informasi dari sumber di Korea Selatan...

Ada 2, Begini Cara Aktifkan Fitur OSIE di Oppo Reno3

Telset.id, Jakarta - Oppo memperkenalkan teknologi bertajuk OSIE di badan Oppo Reno3. OSIE sendiri, yang merupakan akronim dari Oppo...

Huawei P40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Telset.id, Jakarta - Huawei P40 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Huawei P40 Pro mendapatkan skor...

Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen

Telset.id, Jakarta - Apple digadang-gadang tengah menggarap Apple Watch generasi ke-enam. Salah satu penambahan fitur yang ada pada smartwatch...
- Advertisement -