Liburan Tahun Baru, Telkomsel Siapkan Bandwith 4,2 Tbps

Telset.id, Jakarta – Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru, Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya. Anak perusahaan Telkom Group ini memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik sebesar 20 Persen di akhir tahun.

Telkomsel menyebutkan bahwa sebanyak 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS akan dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Selain itu secara khusus, Telkomsel membangun 776 BTS (base transceiver station) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan.

Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

“Momen Natal dan Tahun Baru selalu dibarengi dengan masa liburan, menjadi momen bagi masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya,” kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, dalam keterangannya, Senin (17/12/2018).

{Baca juga: Telkomsel Gelar Indonesia Games Championship eSports}

Ada 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan, yakni di Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon).

Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 49 titik.

“Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun,” ujar Bob.

Dia menambahkan, Telkomsel secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian, dan juga telah melakukan optimalisasi jaringan.

Menurutnya, pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%.

Di sampimg itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

{Baca juga: Telkomsel Kirim Dua Tim ke Ajang PvP Esports Championship}

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital.

Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia. Bagi pengguna layanan pesan instan, Telkomsel menyiagakan layanan self-service GraPARI Virtual selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI