Elon Musk Kirim Makanan untuk Rayakan Natal di Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – Para astronot yang terpaksa merayakan Natal di luar angkasa sepertinya tak perlu lagi merasa kekurangan makanan. Pasalnya, Elon Musk dikabarkan telah mengirimkan makanan dan kebutuhan Natal lainnya ke International Space Station (ISS).

Makanan dan barang-barang kebutuhan Natal lainnya ini dikirimkan bos SpaceX dengan bantuan ‘The Dragon capsule’ atau kapsul naga dari Florida. Setelah perjalanan tiga hari, astronot Alexander Gerst akan mengambil muatan itu dan membawanya menggunakan lengan robot raksasa ISS.

NASA dan SpaceX yang bekerja sama dalam pengiriman ini sempat mengalami kendala awalnya, yang disebabkan oleh masalah pada peralatan komunikasi. Namun, pada percobaan kedua pengiriman berhasil, dan  astronot di ISS pun dipastikan tidak akan kelaparan pada 25 Desember nanti.

‘Rantang Natal’ itu berisi semua kebutuhan yang diperlukan untuk merayakan natal di luar angkasa, termasuk kalkun asap, casserole kacang hijau, manisan ubi jalar, saus cranberry, juga berbagai macam kue dan biskuit yang lezat.

{Baca juga: Elon Musk: Mungkin Saya akan Pindah ke Mars}

Bedanya, ISS kali ini tidak akan sepadat biasanya. Mengingat ada tiga astronot yang kembali ke Bumi untuk musim liburan pada 20 Desember mendatang. Dengan demikian, hanya tersisa tiga astronot di atas ISS selama Natal. Selama ini, para astronot merayakan Natal dengan berdandan mengenakan topi Santa, menghias ISS dengan pohon Natal kecil, dan menikmati makanan.

Sebagian besar menu terdiri dari makanan hampa dan makanan kering, yang disiapkan dengan menambahkan air dan panas di ruang angkasa. Tumpahan makanan dapat merusak peralatan di ISS, jadi mereka harus berhati-hati.

Para astronot akan menggunakan peralatan khusus yang disebut rehidrator makanan angkasa, yang menggunakan air yang tersisa sebagai produk sampingan dari sel bahan bakar stasiun ruang angkasa.

{Baca juga: NASA Jadwalkan Penerbangan Pertama Bersama SpaceX}

Astronot juga dapat menikmati bumbu seperti saus tomat, mayones dan mustar, serta garam dan lada. Namun, garam dan lada tersuspensi dalam cairan untuk memastikan partikel-partikel tidak melayang ke udara dan menyumbat peralatan apa pun.

Tapi sayangnya, para astronot tidak diperbolehkan minum minuman keras selama di dalam pesawat. Alkohol untuk dikonsumsi dilarang keras, kecuali hal itu terkait secara khusus dengan eksperimen.

Selain kiriman berupa makanan dan kebutuhan Natal lainnya, dalam paket kali ini, para astronot di ISS juga akan menerima kiriman 40 tikus dan 36.000 cacing, yang nantinya akan digunakan untuk studi penuaan otot. [BA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI