Banyak Aplikasi Melacak Posisi Anda, Begini Cara Mematikannya!

Teleset.id, Jakarta – Pada hari Senin (10/12) New York Times menerbitkan tulisan yang menunjukkan betapa mudahnya mengidentifikasi dan melacak lokasi seseorang melalui data anonim yang selalu dikumpulkan oleh aplikasi di ponsel.

Meski informasi yang diberikan kepada aplikasi tidak selalu mengidentifikasi pengguna, pelacakan lokasi seringkali sangat tepat sehingga dapat digunakan untuk menentukan individu. Misalnya menunjukkan di mana orang tersebut berada ketika malam hari (mungkin di rumah) dan ke mana saja orang tersebut pergi seharian.

The Times mengatakan, ada banyak aplikasi yang menggunakan dan menjual informasi ini untuk membantu menargetkan iklan dan untuk tujuan lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple dan Google telah mempermudah untuk mengidentifikasi aplikasi yang memiliki akses ke informasi pengguna, dan juga cara  mematikan kemampuan aplikasi tersebut untuk melihat di mana pengguna berada.

{Baca juga: Google Dituntut karena Kumpulkan Lokasi Pengguna Tanpa Izin}

Ada beberapa aplikasi pemetaan  yang perlu untuk mengetahui lokasi pengguna untuk memberi  arah yang akurat di suatu tempat. Namun ada beberapa aplikasi, misalnya aplikasi cuaca, yang tidak perlu selalu tahu di mana pengguna berada setiap saat.

iPhone juga memiliki kontrol yang memungkinkan aplikasi untuk menggunakan lokasi hanya ketika pengguna menggunakannya, bukan sepanjang waktu.

Sejumlah penggguna ponsel tidak sadar mereka memiliki beberapa aplikasi yang diatur untuk selalu melacak lokasi mereka, dan bukan yang diperlukan. Nah, berikut ini adalah panduan atau cara untuk mengontrol aplikasi yang tahu di mana anda berada, dan cara mematikannya.

{Baca juga: Google Klarifikasi soal Pelacakan Lokasi Pengguna}

Bagi pengguna iPhone, anda bisa membuka menu pengaturan. Kemudian ketuk “Privasi”, pilih “Layanan Lokasi”. Jika anda ingin benar-benar menghentikan semua aplikasi yang menggunakan lokasi anda, matikan “Layanan Lokasi”.

Namun, jika anda ingin mengelola aplikasi pengaturan berdasarkan aplikasi, ketuk setiap aplikasi dan pilih “Tidak Pernah” atau “Saat Menggunakan.” Pastikan aplikasi yang tidak memerlukan lokasi anda, seperti aplikasi game, disetel ke “Tidak Pernah.”

Aplikasi lain juga harus ditetapkan atau diseting agar melacak lokasi anda hanya saat anda menggunakannya. Sebab,  tidak ada alasan aplikasi perlu melacak anda sepanjang waktu.

Sedangkan cara untuk menghentikan aplikasi agar tidak melacak di ponsel Android anda yakni dengan membuka
menu Pengaturan.

{Baca juga: WhatsApp akan Punya Fitur ‘Pelacak’ Lokasi}

Kemudian ketuk “Lanjutan,” pilih “Izin aplikasi,” “pilih lokasi.” Anda akan melihat daftar aplikasi yang memiliki akses ke lokasi anda. Setelah itu, matikan aplikasi yang anda pikir tidak perlu tahu di mana anda berada.

Berbeda dengan iPhone, Android memungkinkan anda untuk mengaktifkann izin lokasi dan mematikan, bukan hanya saat menggunakan aplikasi.

Untuk diketahui, beberapa aplikasi memerlukan lokasi anda agar dapat berfungsi dengan baik. [BA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI