Manuskrip Tulisan Tangan Steve Jobs Laku Rp 3,8 Miliar

Telset.id, Jakarta  – Manuskrip peninggalan Steve Jobs baru-baru ini terjual dengan nilai fantastis. Manuskrip tersebut berisi catatan spesifikasi komputer pertama Apple yang ditulis tangan sendiri oleh sang legenda itu.

Manuskrip berupa kertas selembar itu telah dilelang bersama dua buah foto Polaroid generasi 1970an di Bonhams, sebuah rumah lelang Inggris milik swasta untuk barang-barang antik di dunia.

Tiga barang peninggalan Jobs dilelang dengan harga USD 60.000 atau setara Rp 858,9 juta. Namun, akhirnya, lembaran bertuliskan spesifikasi Apple itu terjual USD 270 ribu atau setara Rp 3,8 miliar.

Dikutip Telset.id dari Business Insider, Rabu (5/12/2018), sebelum dilelang benda-benda tersebut diberikan kepada teman lama Jobs pada 1976 atau sekitar satu tahun sebelum Apple II rilis ke publik.

Dalam deskripsi lelang dijelaskan bahwa manuskrip itu seperti kertas spesifikasi komputer yang diberikan oleh Jobs kepada teman lama. Momen berlangsung saat ia mengunjungi garasi Jobs.

Jobs menuliskan komputer sebagai Apple Computer-1 yang menggunakan Microprosessor 6800, 6501, atau 6502. Jobs juga mengatakan bahwa ROM tidak pernah terwujud dalam Apple-1.

Tak lupa, Jobs juga mengutip nominal harga USD 75 untuk papan dan manual. Bahkan, Jobs mencantumkan pula alamat dan nomor teleponnya di bagian bawah surat bersejarah tersebut.

Selain kertas itu, juga ada dua foto Polaroid. Foto pertama menampilkan Apple generasi pertama yang berada di atas meja kayu dengan papan tombol alias keyboard, monitor, dan power supply.

Sementara foto lain menunjukkan layar Apple 1 dengan logo Apple Computer Co. Logo tersebut tercantum di bagian bawah. Lagi-lagi, terdapat pula alamat dan nomor telepon Jobs.

Sumber: Business Insider

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Siap-siap, Iklan di YouTube Bakal Semakin Mengganggu

Telset.id, Jakarta  - Kabar menyebut bahwa iklan di YouTube bakal semakin mengganggu. YouTube mengatakan bahwa iklan jenis paruh putar...

Pakai Facial Recognition, Polisi Malah Salah Tangkap

Telset.id, Jakarta  - Gara-gara sistem pengenalan wajah atau facial recognition, polisi lagi-lagi melakukan salah tangkap. Polisi keliru mencokok pelaku...

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...
- Advertisement -