Google Go Siap Manjakan Pengguna Ponsel RAM Rendah

Telset.id, Jakarta – Google meluncurkan aplikasi Google Go untuk ponsel yang memiliki spesifikasi rendah. Aplikasi ini dibuat bagi pengguna ponsel dengan spesifikasi RAM di bawah 1 GB.

Menurut Director Product Management International Search, Ken Tokusei, Google Go disesuaikan bagi mereka yang baru mengenal internet dengan perangkat ponsel yang rendah dan jaringan yang lambat.

“Aplikasi ini untuk mereka yang baru pertama kalinya menelusuri dunia internet,” ucap Ken di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (04/12).

Ken menambahkan jika aplikasi ini ukurannya hanya 5 MB dan menggunakan 40 persen lebih sedikit data saat digunakan untuk penelusuran. Ukuran yang kecil ini membantu pemuatan situs dengan cepat dan lancar meskipun menggunakan perangkat dengan RAM kecil atau koneksi 2G.

“Dengan pengalaman penelusuran yang baru seperti ini kami senang jika hal ini berdampak di Indonesia,” tambah Ken.

Memang Ken mengakui jika tujuannya meluncurkan Google Go di Indonesia adalah terkait kepemilikan ponsel warga. Menurut Ken masih ada warga Indonesia yang memiliki spesifikasi ponsel yang rendah.

“Kita lihat bahwa Indonesia banyak feature phone (ponsel menengah) jadi kita ingin membuat akses lebih mudah dalam berinternet,” tuturnya.

Pada presentasi tersebut, salah seorang Googlers bernama Sami Takumene menjelaskan fitur lainnya yang terdapat dalam Google Go. Sami mengatakan bahwa Google Go memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk membantu mengindetifikasi bagian halaman sehingga pembica bisa mendengar artikel tersebut.

“Anda dapat membaca lebih mudah dengan mendengarkannya secara baik,” ucapnya.

Dengan fitur ini, teks-teks panjang bisa dicerna dengan sangat mudah dan pengguna terbantu dalam melakukan multi aktivitas seperti mengikuti resep makanan sambil memasak atau berolahraga sambil mendengarkan berita.

“Kecepatan daya baca bisa diatur apakah ingin membaca secara lambat atau cepat,” tambah Sami.

Fitur lainnya adalah akses informasi dengan beberapa sentuhan. Maksudnya, Google Go dilengkapi dengan interface yang berorientasi tap sehingga mempermudah akses informasi. “Melalui tap, Anda bisa melihat apa saja yang menjadi tranding sehingga Anda bisa mendapat informasi yang penting,” tambahnya.

Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia di Google Play Store dan juga akan diinstal di perangkat Android Oreo edisi Go yang diluncurkan di Indonesia. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI