Facebook Ternyata Tahu Campur Tangan Rusia sejak 2014

Telset.id, Jakarta  – Seorang teknisi Facebook menyampaikan lewat surat elektronik mengenai praktik pengumpulan data oleh Rusia pada 2014. Pesan itu merupakan bagian dari dokumen internal yang diambil oleh Parlemen Inggris dan diungkap oleh anggota parlemen Damian Collins.

Persoalan tersebut merupakan tantangan baru bagi Facebook yang tengah mendapat kritik keras karena dianggap gagal melindungi data pengguna setelah skandal Cambridge Analytica. Dalam proses pemeriksaan, Facebook memilih tidak berkomentar terkait dokumen itu.

Richard Allan, Vice President of Policy Solutions Facebook, menolak membahas pesan yang disegel oleh pengadilan di California, Amerika Serikat, tersebut. Pesan disegel bersama dengan dokumen lain yang dibawa oleh Six4Three, pembembang aplikasi yang menuntut Facebook.

Dikutip Telset.id dari The Verge, pengembang itu telah dipaksa menyerahkan dokumen kepada parlemen Inggris. Allan menjadi representasi Facebook, menggantikan CEO Mark Zuckerberg yang tercatat berulang kali menolak untuk menghadap langsung ke parlemen.

Bukan kali pertama ini saja Facebook terlibat dalam masalah tentang pengaruh Rusia di platform. Facebook harus menghadap Kongres terkait iklan dari Rusia yang muncul selama pemilu AS pada 2016. Sepanjang 2018, Facebook harus memblokir banyak akun penyebar misinformasi.

Masalahnya adalah Facebook terus menutup diri dan enggan memberitahukan kapan sebenarnya sadar terhadap campur tangan Rusia pada pemilu AS.  Zuckerberg bahkan sempat membantah tuduhan bahwa penyebaran informasi palsu di Facebook mengubah hasil pemilu 2016.

Beberapa hari lalu juga dilaporkan, Parlemen Inggris menggunakan prosedur yang jarang dilakukan untuk menyita sejumlah dokumen internal Facebook. Hal tersebut dilakukan setelah CEO Mark Zuckerberg berkali-kali menolak menjawab pertanyaan dari anggota parlemen.

https://www.theverge.com/2018/11/27/18114228/facebook-russian-data-harvesting-documents-2014-uk-parliment-six4three

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI