NASA Bikin Pesawat Jet Supersonic yang Tidak Berisik

Telset.id, Jakarta – Pesawat penumpang jet supersonic dilarang di Amerika Serikat (AS) karena suara yang memekakkan telinga, saat pesawat menembus kecepatan suara.

Namun, kini NASA sedang mempersiapkan pengujian pesawat ‘quiet’ baru yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi tanpa memancarkan suara yang memekakkan telinga.

NASA baru saja mengumumkan bahwa pesawat X-59 Quiet Supersonic Technology (QueSST) telah mencapai ‘tonggak utama’ dan akan mengudara pada 2021.

“Pesawat ini memiliki potensi untuk mengubah penerbangan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia dengan membuat perjalanan udara yang lebih cepat memungkinkan bagi semua orang, ” kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Pesawat telah melewati peninjauan yang ketat dan teliti yang disebut sebagai Decision Point-C. Hal itu menegaskan bahwa NASA akan terus membiayai pengembangannya.

“Ini adalah tonggak monumental untuk proyek ini,” kata administrator asosiasi NASA untuk aeronautika, Jaiwon Shin.

“Saya sangat bangga dengan tim atas kerja kerasnya hingga mencapai titik ini, dan kami semua berharap dapat menyaksikan pesawat ini terbentuk dan kemudian terbang,” tambahnya.

Bentuk X-59 QueSST direkayasa secara hati-hati untuk mengurangi kerasnya dentuman sonik, menjadi ‘sentakan lembut’ yang begitu hening sehingga orang tidak menyadari bahwa sedang zooming di atas udara.

Selama pengujian, pesawat iji akan diterbangkan di atas perkotaan di AS, untuk mengukur seberapa banyak kebisingan yang dihasilkan, serta mengetahui bagaimana respon publik. [BA/HBS]

Sumber:  Metro.co.uk

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI