Atasi Serangan Siber, Perancis & Microsoft Gagas Aturan Dunia Maya

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Perancis dan Microsoft mendesak pemerintah dan perusahaan dunia terlibat dalam suatu gagasan untuk membuat regulasi di dunia internet. Upaya itu sebagai cara melawan acaman, seperti serangan siber, sensor internet, dan ujaran kebencian.

Menurut laporan Reuters, Senin (12/11/2018), pemerintah Perancis dan Microsoft menyebut deklarasi itu sebagai “Paris call for trust and security in cyberspace”.

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, berharap, deklarasi tersebut bisa menjadi upaya untuk mengatur dunia maya pascakegagalan perundingan di PBB.

Dalam perundingan itu, banyak negara Eropa sebagai pihak yang mendukung dan menandatangani kesepakatan. Mereka mendesak pemerintah negara-negara Erop meningkatkan perlindungan atas kejahatan serangan siber, mencegah pencurian data rahasia terkait perdagangan dan pemilu.

Deklarasi tersebut awalnya didorong oleh perusahaan teknologi, tetapi ditetapkan kembali oleh pejabat di kursi pemerintah Perancis. Hal itu untuk meneruskan pekerjaan yang sempat dilakukan oleh ahli PBB, beberapa tahun terakhir.

“Internet adalah ruang yang dikelola oleh sebuah komunitas yang mengetahui bidang teknologi. Hal tersebut belum diatur. Sekarang, setengah umat manusia mengakses internet sehingga perlu cara untuk mengatur dunia maya,” kata pejabat dari kantor Macron.

Menurutnya, dunia maya masih bebas dan terbuka, tapi membuka peluang adanya serangan siber sebagai ancaman baru bagi masyarakat. Maka dari itu, dengan deklarasi ini Macron ingin mendorong kerja sama global yang lebih kuat.

Sayang, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, enggan bergabung menyetui prakarsa tersebut karena dianggap sebagai upaya mengganggu kedaulatan negaranya. Namun, Perancis menyebut bahwa Facebook dan Google akan terlibat.

Sebagai informasi, kasus serangan siber memang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini semakin diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di Microsoft yang dirilis tahun lalu.

Dalam laporan bernama Security Intelligence Report (SIR) Volume 22 tersebut, peneliti Microsoft mengatakan bahwa serangan siber terhadap akun pengguna meningkat hingga mencapai 300 persen pada kuartal pertama 2017 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada 2016. [AU/HBS]

Sumber: Reuters

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme Masuk Top 5 Pasar Ponsel Asia Tenggara

Telset.id, Jakarta – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5...

iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari

Telset.id, Jakarta  - Apple kabarnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple...

Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A11 dan A21s di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan dua smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu Galaxy A11 dan...

7 Game Nintendo Switch Gratis Terbaik 2020

Telset.id - Nintendo Switch menyediakan beragam game menarik bagi penggunanya. Meski sebagian besar game mesti Anda beli, tapi ada...

Atasi Jailbreak, Apple Rilis iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1

Telset.id - Apple akhirnya merilis update OS terbarunya yaitu iOS 13.5.1, iPadOS 13.5.1, dan watchOS 6.2.6, dimana update ini...
- Advertisement -