Unik! NASA Temukan Galaksi Mirip Emoji Smiling Face

Telset.id, Jakarta – NASA telah merilis gambar sekelompok galaksi di luar angkasa yang tampak seperti emoji Smile Face. Foto formasi besar yang disebut SDSS J0952 + 3434 yang diambil Teleskop Luar Angkasa Hubble ini menunjukkan struktur dari miliaran bintang.

Dua matanya terbentuk dari sepasang galaksi, sementara senyum di wajahnya disebabkan oleh proses yang disebut gravitational lensing di mana cahaya menekuk objek raksasa seperti sistem bintang yang dalam perjalanan ke Bumi.

“Tepat di bawah pusat adalah pembentukan galaksi yang mirip dengan Emoji Smiling Face,” tulis NASA menjelaskan gambar.

“Dua gumpalan berwarna kuning menggantung di atas busur yang melengkung. Semakin rendah, galaksi berbentuk busur memiliki bentuk khas galaksi yang mengalami proses gravitational lensing. Cahayanya telah lewat di dekat objek besar yang sedang menuju kita, menyebabkan ia menjadi terdistorsi dan membentang keluar dari bentuk,” tulis NASA.

Hubble menggunakan Wide Field Camera 3 untuk mengabadikan foto yang luar biasa ini. Selama ini Wide Field Camera 3 digunakan untuk mengamati secara dekat galaksi untuk memahami proses pembentukan bintang.

‘Hubble menangkap gambar ini dalam upaya untuk memahami bagaimana bintang baru mulai hidup di seluruh kosmos, ” tulis NASA menambahkan.

NASA menyebut, bintang terlahir dari awan gas raksasa. Awan raksasa atau bibitan bintang ini tumbuh tidak stabil dan mulai runtuh karena gravitasi, menjadi benih yang akan tumbuh menjadi bintang baru.

Dengan menganalisis luminositas, ukuran dan tingkat pembentukan pembibitan bintang yang berbeda, para ilmuwan berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses yang dapat mengarah pada pembentukan bintang yang baru.

Mempelajari pembibitan di dalam galaksi yang berbeda akan memberikan informasi tentang pembentukan bintang di berbagai titik waktu dan ruang di seluruh alam semesta.

Emoji ini merupakan yang kedua yang ditemukan NASA di langit dalam beberapa tahun terakhir. Syukurlah, NASA tampaknya belum pernah melihat emoji wajah sedih.

Pada 2015, NASA merilis gambar sistem yang disebut SDSS J1038 + 4849 yang menyerupai wajah Happ Face. Sedangkan, baru beberapa hari lalu, para astronom dari Universitas Harvard mengklaim asteroid berbentuk cerutu aneh disebut ‘Oumuamua’ yang mungkin dikirim alien untuk menyelidiki Bumi. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI