Indonesia Jadi Negara Berikutnya yang Bakal Ditinggal LG?

Telset.id, Jakarta – Setelah China lebih dulu ditinggalkan pada awal Februari lalu, Indonesia kini disebut-sebut menjadi negara berikutnya yang akan melepas kepergian pabrikan smartphone asal Korea Selatan, LG.

Kabar mengenai bakal hengkangnya divisi Mobile LG ini beredar luas di media sosial, utamanya setelah Pengamat Gadget Herry SW mengunggah lewat akun Facebook-nya.

“22 hari lagi. Saatnya mengucapkan selamat jalan kepada ponsel merek global yang satu ini. Semoga sukses di tempat baru atau calon tempat baru, teman-teman,” demikian kata Herry, seraya memajang foto Lumpia Goreng.

Meski tidak secara terang-terangan menyebut merek apa yang dimaksud, namun dari unggahannya itu tersirat bahwa LG lah yang kemungkinan akan meninggalkan pasar ponsel Indonesi itu. Dalam kolom komentar, seorang pembaca menjawab unggahan ini dengan sebuah foto, yang tak lain  smartphone besutan LG.

Di Kaskus, kabar ini lebih ramai lagi. Beberapa Kaskuser yang juga pengguna smartphone LG dibuat bertanya-tanya tentang nasib smartphone mereka ke depan, khususnya terkait update dan after sales.

Untuk mengonfirmasi kebenaran kabar ini, Tim Telset.id mencoba menghubungi pihak LG Mobile di Indonesia.

Melalui pesan singkat, pihak perusahaan tidak membenarkan ataupun menyanggah kabar ini. “Belum ada official statement mba dari manajemen,” jelas Dhita Ayuningtyas, Public Relations Sr. Supervisor LG Electronics Indonesia, tanpa mau berpanjang lebar. Termasuk ketika kami menanyakan soal kabar pemangkasan karyawan di divisi mobile.

Di China, divisi mobile (ponsel) LG dilaporkan memilih tutup lantaran terus-terusan mengalami kerugian. LG tak lagi mau jualan ponsel di negara ini, yang sejatinya adalah pasar terbesar di dunia. Alasannya, karena sulit bersaing dengan pemain-pemain lokal.

Dilaporkan Android Central, keputusan LG mundur dari pasar China sebenarnya sudah terendus media lokal sejak awal 2017. Saat itu, perusahaan bahkan tak mendatangkan dua ponsel andalannya, G6 dan V30.

Produk terakhir yang diluncurkan LG di China adalah G5 SE pada 2016.

Di Indonesia, lebih baik. LG terakhir menyita perhatian lewat LG G7+ ThinQ, yang diperkenalkan sekitar Mei 2018 lalu.

Sebelumnya, LG menggandeng boyband papan atas Korea Selatan, BTS sebagai brand ambassador perusahaan. Kolaborasi ini  diyakini bakal dapat mendongkrak penjualan smartphone perusahaan, dan  itu tak hanya di kampung halamannya, tetapi juga di luar Korsel. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI